Kompas TV nasional update corona

Jika Harus Keluar Rumah, Hindari 3 Kondisi Tempat Ini untuk Cegah Risiko Penyebaran Covid-19

Kompas.tv - 29 Juni 2021, 19:06 WIB
jika-harus-keluar-rumah-hindari-3-kondisi-tempat-ini-untuk-cegah-risiko-penyebaran-covid-19
Ilustrasi bekerja di rumah menggunakan TravelWifi (Sumber: ANTARA/HO)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyebaran Covid-19 merajalela. Masyarakat dihimbau meningkatkan kewaspadaan. Termasuk jika harus beraktivitas di luar rumah.

Melalui laman resminya, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 meminta masyarakat kurangi risiko terpapar virus Covid dengan menghindari tempat-tempat dengan 3 kondisi, yakni ramai, sempit, dan tertutup.

Lebih lanjut, menurut edukasi yang disampaikan satgas Covid-19, penularan virus lebih mudah menyebar di tempat yang ramai dan penuh.

Kemudian tempat sempit, terutama ketika orang sedang ramai berbincang dalam jarak dekat. Terakhir, tempat tertutup, semisal di dalam ruangan dengan ventilasi dan sirkulasi udara yang buruk.

“Virus penyebab Covid-19 tersebar karena droplet (percikan liur) dari tubuh orang yang sudah terinfeksi, makanya penting untuk tidak terkena droplet tersebut dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun,” tulis Satgas Covid-19 dikuti pada Selasa (29/6/2021).

Baca Juga: Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Kudus Meningkat

“Tingkat risiko penularan jadi lebih tinggi jika tempatnya memiliki kombinasi dari 3 kondisi tersebut,” tambah keterangan itu.

Melihat tingginya risiko tersebut, Satgas Covid-19 menyarankan masyarakat agar selalu mempertimbangkan ke mana akan pergi.

“Bila kegiatannya atau tidak esensial, utamakan di rumah aja,” tambahnya.

Khusus dalam kondisi ruang tertutup, Satgas menghimbau untuk membuka jendela atau pintu agar sirkulasi udara yang tersedia lebih bak.

Baca Juga: Bukan Mudik, IDI Sebut Lonjakan Covid-19 di Indonesia karena Lalai Antisipasi Varian Delta



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x