Kompas TV nasional peristiwa

Pimpinan DPR Usul Pemerintah Terapkan Semi Lockdown di Akhir Pekan

Kompas.tv - 22 Juni 2021, 22:39 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV – Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengusulkan untuk menerapkan Pembatasan sosial berskala besar atau semi lockdown pada hari Sabtu dan Minggu sebagai langkah untuk menekan penyebaran Covid-19.

Hal ini disampaikan Dasco saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (22/6)

"Saya usulkan juga kepada pemerintah karena Sabtu-Minggu roda perekonomian, terutama perkantoran tutup, kalau bisa dilakukan pembatasan sosial berskala besar atau katakanlah semi lockdown untuk hari libur terutama. Lebih baik memang, kecuali yang penting-penting, hari libur lebih baik ada di rumah," kata Dasco.

Kombinasi kebijakan semi lockdown dan PPKM Mikro bisa digunakan untuk menekan angka penularan Covid-19 terutama di wilayah DKI Jakarta.

"Soal efektif atau tidaknya belum diketahui, karena lonjakan makin tinggi makanya kita perlu ambil langkah. Kalau perlu kombinasi keduanya supaya apapun yang kita lakukan itu bagaimana caranya menekan lagi Covid terutama di DKI ini," ujar Dasco.

Dalam usulannya, kebijakan ini sebaiknya ditetapkan selama 2 minggu lantaran perkiraan para ahli hingga akhir bulan Juni ini lonjakan masih akan cukup tinggi.

"Iya selama dua pekan ini menurut saya sangat penting, karena sampai dengan akhir minggu bulan Juli diperkirakan ahli lonjakan akan sangat tinggi tingginya, sehingga untuk mengantisipasi itu dua pekan ke depan kita perketat," katanya.

Dasco juga menilai sanksi tegas oleh pemerintah terhadap pelanggar protocol Kesehatan sangat diperlukan untuk saat ini.

"Ya kalau perlu sanksinya agak tegas supaya selama dua pekan ini kita bisa sama-sama menekan laju Covid-19," ujar Dasco.

Video Editor: Febi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x