Kompas TV nasional update

Keterisian RS di 87 Kabupaten/Kota Sudah di Atas 70 Persen

Kompas.tv - 22 Juni 2021, 11:39 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto menyebut sudah ada 87 kabupaten kota yang tingkat keterisian rumah sakitnya di atas 70 persen.

Rumah sakit dengan tingkat keterisian di atas 70 persen itu tersebar di 29 provinsi setelah lonjakan kasus Covid-19 pasca libur lebaran.

Airlangga menyatakan angka 70 persen itu termasuk dalam ambang batas, karena bila lebih dari itu akan mengkhawatirkan.

Dalam ratas penanganan Covid-19, Presiden Jokowi juga memberikan arahan pada para menteri untuk menegakkan penerapan PPKM mikro.

Pemerintah lewat Menteri Kesehatan meminta bantuan TNI-Polri untuk melakukan penyekatan pergerakan warga hingga di tingkat RT-RW, terutama untuk zona merah Covid-19.

Penyekatan tingkat RT-RW akan dilakukan jika ada warga di 5 rumah yang terinfeksi Covid-19.

Menkes juga optimistis target satu juta vaksinasi per hari dapat tercapai bulan depan karena target 700 ribu vaksinasi per hari telah terlampaui bulan Juni ini.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan saat ini kebijakan terkait pencegahan, penanganan, dan pengendalian Covid-19 masih dikoordinasikan dengan pemerintah pusat dan wilayah penyangga seperti Bogor, Depok, dan Bekasi.

Riza menambahkan saat ini DKI Jakarta memerlukan kebijakan yang komprehensif, baik, dan cepat, terkait penanganan Covid-19 di DKI Jakarta.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x