Kompas TV nasional peristiwa

Bawa 181 Penumpang, KM Karya Indah Terbakar di Perairan Kepulauan Sula,Maluku Utara

Kompas.tv - 29 Mei 2021, 11:16 WIB
bawa-181-penumpang-km-karya-indah-terbakar-di-perairan-kepulauan-sula-maluku-utara
Tangkapan layar video saat penumpang KM Karya Indah menyelamatkan diri setelah kapal terebut terbakar di timur laut Pulau Lifamatola,Maluku, Sabtu (29/5/2021) pagi WIT. (Sumber: video amatir)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Iman Firdaus

MALUKU, KOMPAS.TV - KM Karya Indah yang bertolak dari Ternate menuju Sasana terbakar di perairan Pulau Lifamatola, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara.

Kepala Basarnas Ternate M. Arafah membenarkan insiden kebakaran kapal yang terjadi pada Sabtu (29/5/2021) pagi tadi.

"Kami menyampaikan satu kejadian kecelakaan kapal, KM Karya Indah. Kronologis pada tanggal 29 Mei 2021 melaksanakan pelayaran dari Ternate tujuan Sasana mengalami kebakaran kurang lebih 5 mile dari arah Pulau Lifamatola," ujar M. Arafah dalam keterangan video yang diterima KOMPAS TV, Sabtu.

Dalam rekaman video diterima KOMPAS TV, api terlihat di salah satu ruang kabin kapal. Lalu asap hitam kecoklatan tampak membubung tinggi.

Disebutkan ada 181 penumpang yang ikut dalam pelayaran kapal tersebut.

Baca juga: Kronologi Kebakaran KPP Pratama Tebet, Tercium Bau Hangus Dari Ruangan Gedung Lantai 3

M. Arafah menyampaikan, pihaknya segera mengirimkan tim beserta dengan Polisi Perairan dan Udara (Polairud) untuk melakukan penyelamatan dan evakuasi.

"Pukul 8.30 kami mendapat informasi, selanjutnya pukul 8.50 kami memberangkatkan tim rescue bersama-sama dengan Polairud," jelasnya.

Seluruh penumpang dalam kapal masih dalam proses pendataan. Namun  Arafah menyebut tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

"Korban jiwa belum ada, yang didapat untuk jumlah penumpang sudah berhasil dievakuasi dan dilaksanakan penyisiran oleh tim siaga Sasana," tambahnya.

Baca juga: Viral Video Warga di Medan Bantu Memadamkan Kebakaran Malah Tersembur Api, Ini Penjelasan Damkar

Hingga berita ini ditulis, penyebab kapal Karya Indah terbakar belum diketahui.  KM Karya Indah diketahui bertolak dari pelabuhan Ahmad Yani Ternate pada Jumat (28/5/2021) sore kemarin dan terbakar pagi tadi di Kepulauan Sula, Malut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x