Kompas TV nasional update corona

Pihak Modena dan Pfizer Minta Bebas Tanggung Jawab Hukum, Bio Farma Sulit Bawa Masuk ke Indonesia

Kompas.tv - 21 Mei 2021, 17:56 WIB
pihak-modena-dan-pfizer-minta-bebas-tanggung-jawab-hukum-bio-farma-sulit-bawa-masuk-ke-indonesia
Ilustrasi vaksin Covid-19 Pfizer berbasis mRNA. Kini vaksin Pfizer dapat disimpan di suhu kulkas biasa. FDA telah izinkan penggunaan vaksin mRNA ini pada anak-anak usia 12 tahun hingga 15 tahun. (Sumber: SHUTTERSTOCK/ lupmotion)
Penulis : Gading Persada | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV- Indonesia menjadi satu dari sejumlah negara di dunia yang menggunakan vaksin Covid-19 dari beberapa produsen vaksin berbeda, salah satu yang dipakai yakni Pfizer dan Modena.

Sayang, hingga saat ini kedua vaksin tersebut tak kunjung masuk ke Tanah Air dan ternyata memang ada sejumlah kendala yang mengadangnya.

Hal ini seperti diutarakan langsung oleh Honesti Basyir selaku Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir.

Ia mengatakan, pihak Pfizer meminta untuk dibebaskan dari tanggung jawab hukum apabila ada kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) setelah vaksinasi.

Baca Juga: Alternatif Baru, Vaksin Covid-19 Novavax dan Pfizer Tiba di Indonesia Bulan Juni-Juli

"Ini yang menjadi permasalahan sehingga kita belum bisa melakukan kontrak dengan Pfizer," kata Honesti rapat dengar pendapat yang disiarkan kanal YouTube DPR RI, Kamis (20/5/2021).

Menurutnya, hal serupa juga terjadi dengan pihak produsen vaksin Moderna. Produsen vaksin tersebut juga meminta dibebaskan dari tanggung jawab hukum apabila terjadi KIPI.

Namun, ia berharap negosiasi antara Bio Farma dan dua produsen vaksin tersebut dapat titik terang pada Juni 2021.

“Kami tidak pernah menghentikan itu, tetap berproses dengan mereka tapi yang ada saat ini tuh yang sudah ada binding agreement dengan Bio Farma," ujar dia seperti juga diberitakan Kompas.com.

Adapun vaksin Moderna disebut-sebut akan digunakan untuk program vaksinasi gotong royong yang sejatinya sudah mulai bergulir sejak beberapa hari terakhir ini.

Baca Juga: Uni Eropa Pastikan Pembelian Tambahan 1,8 Miliar Dosis Vaksin Covid-19 Buatan Pfizer dan BioNTech

Sementara itu, vaksin Pfizer akan digunakan untuk vaksinasi program pemerintah.

Terpisah, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi sebelumnya mengatakan, Indonesia akan kedatangan vaksin Covid-19 Novavax dan Pfizer pada bulan Juni dan Juli 2021.

Menurutnya, sejak program vaksinasi Covid-19 dilaksanakan Januari 2021, Indonesia telah menggunakan dua jenis vaksin yaitu Vaksin Sinovac dan AstraZeneca.

Baca Juga: Tambahan 20 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Buatan Pfizer Bagi Australia Tiba Kuartal Empat Tahun Ini




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x