Kompas TV nasional kesehatan

Tes Acak Temukan 2 Pemudik Motor Positif Covid-19

Kompas.tv - 20 Mei 2021, 10:26 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Arus balik menuju wilayah Jabodetabek di Jalur Pantura di kawasan Balonggandu, Karawang, Jawa Barat, masih terpantau ramai pemudik, pada Rabu malam. Arus balik didominasi oleh pemudik sepeda motor.

Dari tes antigen acak yang digelar petugas, diketahui 2 orang pemudik positif covid-19.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut sebanyak 148 pemudik yang kembali ke Ibu Kota reaktif virus corona.

Mereka terjaring dalam tes usap antigen acak terhadap hampir 23.000 orang di titik penyekatan arus balik kilometer 34 tol Jakarta Cikampek.

Ke-148 pemudik yang positif dan reaktif covid-19, selanjutnya dirujuk ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet dan sebagian lainnya menjalani isolasi mandiri.

Screening atau penapisan tak hanya berlangsung di titik penyekatan di jalur arteri utama dan tol menuju Jabodetabek.

Pemprov DKI Jakarta juga menggalakkan upaya penapisan terhadap pemudik yang balik, di tingkat RT dan RW. Salah satunya dengan cara menempel stiker kuning bebas covid-19 pada rumah warga yang telah dinyatakan negatif covid-19 sekembali dari mudik.

Selain itu,  Pemprov DKI Jakarta juga mengambil langkah memperpanjang kembali pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM Mikro hingga 31 Mei 2021.

Melalui Dinas Kesehatan, Pemerintah Provinsi telah menyiapkan 6.633 tempat tidur isolasi dan 1.007 fasilitas ICU sebagai antisipasi jika terjadi lonjakan kasus covid-19 di Jakarta. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x