Kompas TV nasional berita utama

Tinjau Vaksinasi 15.500 Orang di Kepulauan Riau, Presiden Berharap Kekebalan Komunal Segera Tercapai

Kompas.tv - 20 Mei 2021, 09:00 WIB
tinjau-vaksinasi-15-500-orang-di-kepulauan-riau-presiden-berharap-kekebalan-komunal-segera-tercapai
Presiden Jokowi saat memberi penjelasan tentang Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

KEPULAUAN RIAU, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo menyampaikan sebanyak 15.500 orang di Kepulauan Riau telah memperoleh suntikan dosis vaksin pada penyelenggaraan vaksinasi pada Rabu (19/5/2021). Dari jumlah keseluruhan yang divaksinasi, terdapat 400 pekerja dan 100 masyarakat umum di sekitar kawasan industri.

“Hari ini dilakukan vaksinasi di 67 titik lokasi di Provinsi Kepri yang kurang lebih jumlahnya 15.500 orang,” kata Presiden Jokowi.

“Kita harapkan ini juga akan segera melindungi seluruh masyarakat dari penularan Covid-19 dan segera tercapai herd immunity,” tambahnya.

Baca Juga: Pandemi Belum Berakhir, Presiden Jokowi Minta Pemda Tingkatkan Konsolidasi Tekan Penularan Covid-19

Saat meninjau vaksinasi, Presiden Jokowi beraudiensi melalui konferensi video dengan perwakilan dari 7 kabupaten/kota yang melakukan vaksinasi massal. Antara lain, Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Natuna, Kabupaten Karimun, Kabupaten Lingga, Kabupaten Kepulauan Anambas, dan Kabupaten Bintan.

Dalam pernyataannya, Presiden Jokowi meminta pemerintah daerah setempat untuk menekankan kepada masyarakat pentingnya menjalankan protokol kesehatan. Terutama, kedisiplinan dalam penggunaan masker di saat situasi pandemi Covid-19.

“Tekankan kepada masyarakat mengenai penggunaan masker. Itu sudah akan memproteksi kurang lebih 95 persen,” ujarnya.

Baca Juga: Pemimpin Hamas Kirim Surat ke Presiden Jokowi, Minta Dukungan hingga Sebut Indonesia Saudara

“Jadi kalau ke manapun dalam kegiatan apapun pakai masker, itu sudah melindungi 95 persen. Ini penelitian WHO,” tambahnya Presiden Jokowi.

Dari hasil audiensi, Presiden Jokowi juga menyerap kendala yang dihadapi Provinsi Kepulauan Riau dalam penanganan Covid-19. Antara lain, soal sulitnya distribusi vaksin menuju pulau-pulau yang ada.

“Memang masalahnya di sini adalah distribusi vaksin karena ini adalah provinsi kepulauan. Masuk ke pulau-pulau yang jaraknya tidak gampang dan sangat jauh,” katanya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Vaksin Gotong Royong Terkendala Suplai, Target 30 Juta Baru Masuk 420 Ribu

“Misalnya dari sini ke Natuna, dari sini ke Anambas, bukan jarak yang dekat. Tetapi saya melihat manajemen distribusinya berjalan dengan baik,” tambah Presiden.

Sebagai informasi, hingga 18 Mei 2021, Provinsi Kepulauan Riau telah melakukan 130.501 suntikan dosis pertama dan 48.316 suntikan dosis kedua. Kepulauan Riau diketahui memiliki target sasaran vaksinasi sebanyak 1.476.091 orang dengan terlebih dahulu memberikan prioritas bagi 19.257 tenaga kesehatan, 118.851 kelompok warga lanjut usia (lansia), dan 166.201 pelayan publik.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x