Kompas TV nasional sosial

Menkes Sebut Banyak Daerah Sengaja Kurangi Tes Covid-19 Demi Jadi Zona Hijau

Kompas.tv - 18 Mei 2021, 15:35 WIB
menkes-sebut-banyak-daerah-sengaja-kurangi-tes-covid-19-demi-jadi-zona-hijau
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan ada daerah yang sengaja mengurangi jumlah tes Covid-19 harian demi label zonasi. 

Budi mengingatkan tindakan itu dapat membuat kasus positif meledak, terlebih telah ditemukannya varian baru Covid-19 di Tanah Air.

"Terutama Forkopimda ini, banyak dari mereka karena mengejar hijau, kuning, merah, inginnya hijau testing-nya disedikitin. Itu bisa meledak, bahaya, apalagi dengan adanya virus baru," kata Budi yang dikutip dari Youtube Kemenkes, Selasa (18/5/2021).

Baca Juga: Waspadai 3 Mutasi Covid-19 Masuk RI, Menkes: Hati-hati Kasus Bisa Meledak

Budi menuturkan dari empat varian virus Covid-19 yang diwaspadai dunia, tiga di antaranya sudah masuk Indonesia, yakni varian virus Corona B117, B1617, dan B1351.

Oleh sebab itu, Menkes RI ini mewanti-wanti terkait ancaman mutasi baru Covid-19, apabila tidak segera dideteksi maka ditakutkan terjadi ledakan kasus di Tanah Air.

Dia kemudian berpesan agar kepala daerah terus gencar melakukan testing dan tracing untuk Covid-19.

"Kita mesti lebih agresif testing supaya tahu virusnya di mana. Ini kaya Intel, Kalau intelnya lengah.Tahu-tahu teroris masuk, bom-nya meledak," tegas Budi.

Baca Juga: Penjelasan Jubir Kemenkes Terkait Penghentian Sementara Penggunaan Vaksin AstraZeneca CTMAV547

Dalam kesempatan itu, Budi mengungkapkan telah mengatakan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menegur daerah apabila positivity rate-nya tinggi.

"Saya sudah bilang ke Bapak Presiden, jangan pernah tegur kepala daerah kalau kasus terkonfirmasinya tinggi, tapi tegur kepala daerah kalau positivity rate-nya tinggi," ujar dia.

Tidak hanya Jokowi, Budi juga mengungkapkan hal yang sama kepada Menko Perekonomian/Ketua KPCPEN Airlangga Hartarto, dan Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo.

Lebih lanjut, dia meminta pemerintah daerah tidak perlu khawatir jika daerahnya mencatat penambahan kasus positif Covid-19 yang cukup banyak. Temuan ini justru membuat sebaran kasus dapat terpantau dengan baik.

Baca Juga: Ada Vaksinasi Gotong Royong, Bahlil Yakin Para Investor Lebih Percaya Diri Investasi di Indonesia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.