Kompas TV nasional sosial

Segera Beli Pelatihan Pertama, Hari Ini Kesempatan Terakhir bagi Peserta Kartu Prakerja Gelombang 16

Kompas.tv - 29 April 2021, 11:08 WIB
segera-beli-pelatihan-pertama-hari-ini-kesempatan-terakhir-bagi-peserta-kartu-prakerja-gelombang-16
Ilustrasi seseorang tengah mengakses laman Kartu Prakerja. (Sumber: KompasTV)
Penulis : Gading Persada | Editor : Purwanto

SOLO, KOMPAS.TV- Peserta Kartu Prakerja gelombang 16 harus segera membeli pelatihan pertama jika ingin mendapatkan dana sebesar Rp 600.000 per bulan.

Pasalnya, hari ini, Kamis (29/4/2021) merupakan kesempatan terakhir bagi peserta gelombang 16 tersebut untuk membeli pelatihan pertama.

Project Management Office (PMO) Kartu Prakerja memberikan waktu pembelian hingga 29 April 2021 pukul 23.59 WIB.

"Batas akhir pembelian pelatihan pertama bagi penerima Kartu Prakerja gelombang 16 adalah tanggal 29 April 2021 pukul 23.59 WIB," sebut Manajemen Kartu Prakerja dalam akun Instagram resminya, @prakerja.go.id, dikutip KompasTV, Kamis (29/4/2021).

Baca Juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17 Segera Dibuka, Kuotanya Masih Banyak

Menurut PMO, jika tidak mengambil pelatihan sekarang, status kepesertaan akan dicabut. Status kepesertaan bisa dicabut sesuai peraturan menteri koordinator bidang perekonomian nomor 11 tahun 2020.

Batas waktu pembelian pelatihan pertama berdasarkan peraturan itu adalah 30 hari setelah peserta dinyatakan lolos seleksi Kartu Prakerja.

Jika ingin status kepesertaan tak dicabut dan mendapat insentif, peserta yang sudah lulus utamanya gelombang 16 Kartu Prakerja, harus membeli pelatihan sekarang juga.

"Bila lewat tanggal tersebut sobat belum membeli pelatihan pertama, kepesertaan sobat dalam program Kartu Prakerja akan dicabut," sebut PMO.

Baca Juga: Cara Ajukan KUR Alumni Kartu PraKerja ke Bank BNI

Asal tahu saja, status peserta yang dicabut tidak bisa mengikuti lagi seleksi Kartu Prakerja di masa pandemi dan pemulihan pandemi Covid-19.

Pasalnya manajemen menerapkan asal keadilan. Orang-orang yang belum berhasil lolos seleksi akan diutamakan dalam seleksi berikutnya.

Sementara itu, Head of Communications Manajemen Kartu Prakerja Louisa Tahutu sebelumnya berkata, peserta Kartu Prakerja yang dicabut akan diganti dengan peserta baru yang direkrut kembali.

Gelombang ke-17 pendaftaran Kartu Prakerja bakal dibuka bila ada peserta gelombang ke-12 hingga gelombang ke-16 yang dinyatakan hangus.

Baca Juga: Sebanyak 11.000 Penerima Kartu Prakerja Gelombang 12 Dicabut akibat Tak Ikut Pelatihan

Penggantian kepesertaan ini juga terjadi pada tahun 2020. Tahun lalu, manajemen Kartu Prakerja menambah satu gelombang tambahan, yaitu gelombang 11.

Kuota yang tersedia pada gelombang tambahan tersebut merupakan pemulihan dari kepesertaan Kartu Prakerja gelombang 1-10 yang telah di-blacklist.

"(Pendaftaran) Gelombang ke-17 dibuka saat ada status kepesertaan gelombang 12-16 yang dicabut," pungkas Louisa beberapa waktu lalu seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Anggota Keluarga Telah Menerima Bansos, Jangan Harap Bisa jadi Peserta Kartu Prakerja, Ini Uraiannya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x