Kompas TV nasional politik

Mundur dari Menristek, Bambang Brodjonegoro akan Kembali Mengajar di Almamaternya

Kompas.tv - 29 April 2021, 08:10 WIB
mundur-dari-menristek-bambang-brodjonegoro-akan-kembali-mengajar-di-almamaternya
Menristek Bambang Brodjonegoro acara Penandatanganan Piagam Serah Terima Penyelenggaraan Habibie Award dari Yayasan SDM Iptek ke Kementerian Ristek/BRIN secara virtual, Jumat (6/11/2020) sore. (Sumber: Tangkapan layar Zoom Kemenristek/Kompas.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Setelah mundur dari jabatan  Menteri Riset dan Teknologi (Menristek),  Bambang Brodjonegoro mengatakan akan kembali mengajar di almamaternya, Universitas Indonesia sebagai guru besar.

Dilihat di laman ui.ac id,  Prof. Dr. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro adalah salah
satu pakar ekonomi  terkemuka di Indonesia.

Kepakarannya  meliputi bidang ilmu ekonomi regional, desentralisasi fiskal, keuangan negara, ekonomi pembangunan, ekonomi perkotaan dan transportasi serta analisis pengambilan keputusan.

Sementara  kabar yang mengatakan  Bambang akan mengisi posisi sebagai Komisaris Utama (Komut) di Bank Rakyat Indonesia (BRI), itu pun sudah dibantahnya.

“Iya, saya mundur sebagai Menristek/Kepala BRIN, tetapi tidak menjadi Komut  BRI,” terangnya.

Selain itu, tersiar  kabar pula  yang menyebutkan Bambang akan menduduki posisi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur, sejauh ini juga belum dapat dipastikan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Lantik Mendikbudristek, Menteri Investasi, Kepala BRIN, dan Anggota Dewas KPK

Saat menjabat  sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Bambang memang pernah mendapat tugas kajian mengenai pemindahan ibu kota.

"Ya karena tugas saya sebagai Bappenas, makannya harus incharge untuk perencanaan. Ya kalau kedepannya kita lihat lah," terang Bambang Maret 2020 silam.

Sebelumnya, sesuai nomenklatur baru, Mendikbud-Ristek resmi dijabat oleh Nadiem Makarim dan Kepala BRIN dijabat oleh Tri Handoko. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik keduanya pada Rabu (28/04/2021) sore di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 72/P Tahun 2021 yang ditetapkan di Jakarta, pada 28 April 2021, tentang Pembentukan dan Pengubahan Kementerian serta Pengangkatan beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Pada pelantikan ini, Presiden didampingi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung Wibowo.

Baca Juga: Dilantik Jadi Mendikbud-Ristek, Nadiem Makarim: Bismillah Mengemban Amanah Baru

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x