Kompas TV nasional update

Peringati Hari Otonomi Daerah, Kemendagri Luncurkan 3 Sistem Aplikasi Layanan Publik

Kompas.tv - 26 April 2021, 19:38 WIB
peringati-hari-otonomi-daerah-kemendagri-luncurkan-3-sistem-aplikasi-layanan-publik
Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian dalam peringatan Hari Otonomi Daerah ke-25, Senin (26/4/2021) (Sumber: Dok. Kemendagri)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Muhammad Tito Karnavian meresmikan tiga sistem aplikasi layanan yang dibangun Kemendagri saat menggelar peringatan Hari Otonomi Daerah ke-25, Senin (26/4/2021).

Sistem aplikasi tersebut di antaranya Sistem Informasi Mutasi Daerah (Simudah), Sistem Elektronik Peraturan Daerah (e-Perda), dan Sistem Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Si-LPPD).

“Ketiga sistem tersebut merupakan terobosan dari Direktorat Jenderal Otonomi Daerah untuk mengakomodasi urusan pemerintah daerah, misalnya bagaimana aplikasi Simudah dapat membantu aparatur sipil negara (ASN) pemerintah daerah dalam mengurus mutasi,” dikutip dari situs laman Kemendagri.

Lebih lanjut, Mendagri mengatakan, dengan Simudah ASN yang bersangkutan cukup mengunggah berkas persyaratan ke dalam sistem, tanpa perlu datang ke kantor Kemendagri.

Kemudian Sistem Elektronik Peraturan Daerah (e-Perda), dengan aplikasi ini pemerintah daerah tidak perlu membuat sistem aplikasi sejenis tetapi cukup menggunakan sistem e-Perda dalam menunjang kegiatan pemerintahan daerah.

Adapun Sistem Informasi Laporan Penyelanggara Pemerintah Daerah (Si-LPPD) adalah laporan atas penyelenggaraan pemerintah daerah selama 1 (satu) tahun anggaran berdasarkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah yang disampaikan oleh Kepala Daerah kepada Pemerintah Pusat.

Laporan ini mengambarkan kinerja urusan yang ditangani oleh Pemerintah Daerah.

Kegiatan ini digelar secara virtual dan diikuti oleh seluruh kepala daerah baik provinsi, kabupaten/kota, DPRD, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Selain itu, turut hadir pula Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi gelaran peringatan Hari Otonomi Daerah ke-25.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x