Kompas TV nasional peristiwa

Kemenkes: 12 WN India yang Masuk ke Indonesia Positif Covid-19 Tanpa Gejala

Kompas.tv - 25 April 2021, 17:48 WIB
kemenkes-12-wn-india-yang-masuk-ke-indonesia-positif-covid-19-tanpa-gejala
India melaporkan lebih dari 200.000 kasus virus corona baru, pada Kamis (15/4/2021), dengan 14 juta secara keseluruhan terinfeksi, dan semakin intensif membebani sistem perawatan kesehatan yang rapuh. (Sumber: AP PHOTO/RAJESH KUMAR SINGH)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Sadikin Gunadi sebelumnya mengungkapkan dari ratusan wara negara (WN) India yang masuk ke Indonesia, 12 di antaranya dinyatakan positif Covid-19. 

Tim Satgas Karantina Kesehatan Kemenkes Andita Irawan menuturkan mereka terinfeksi merupakan orang tanpa gejala (OTG).

Hal ini disampaikan Andita Irawan saat konferensi pers bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman.

"Semua dilaporkan tanpa gejala," kata Andita di lokasi karantina Hotel Holiday Inn, Gajah Mada, Jakarta Barat, Sabtu (24/4/2021).

Kendati demikian, Andita mengungkapkan hal ini perlu diwaspadai dan terus mendapatkan perhatian khusus dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). 

"Justru itu yang kita waspadai. Karena yang kami katakan tidak ada gejala mereka merasa sehat," imbuhnya.

Baca Juga: Tiba di Jakarta, 12 WN India Positif Covid-19 Jalani Isolasi Mandiri

Pasalnya para OTG dapat membahayakan bagi kelompok rentan terutama uang mempunyai penyakit bawaan.

Untuk itu, TNI dan kepolisian dikerahkan untuk membantu proses karantina para WN India tersebut.

"Maka kami sangat berterima kasih atas dukungan dari satgas dari TNI dari Polri untuk mengantisipasi apabila ada perlawanan dari mereka (yang tak mau diisolasi atau dikarantina)," tegas Andita.

"Karena itu tadi mereka merasa sehat padahal sebetulnya membawa virus yang apabila mengenai orang lain yang mempunyai komorbid atau penyakit bawaan sangat berbahaya," lanjutnya. 

Sebelumnya Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengungkapkan sebanyak 12 warga WN asal India yang positif diisolasi mandiri di Hotel Hariston, Jakarta Utara. 

Saat ini, Kemenkes tengah menguji Whole Genome Sequencing (WGS) dari sampel hasil positif corona WN India untuk mendeteksi adanya varian baru.

Baca Juga: 5 Fakta WN India yang Masuk ke Indonesia di Tengah Badai Covid-19



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x