Kompas TV nasional update

Kedatangan Sang Dalang Kudeta Myanmar Menuai Protes, Indonesia Jangan Sampai Melegitimasi

Kompas.tv - 25 April 2021, 10:36 WIB
kedatangan-sang-dalang-kudeta-myanmar-menuai-protes-indonesia-jangan-sampai-melegitimasi
Aksi unjuk rasa bertajuk Gowes for Democracy #SaveMyanmar di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Sabtu (17/4/2021). (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

SOLO, KOMPAS.TV - Pemimpin Junta Militer Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing tiba di Indonesia mewakili Myanmar dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN. Kedatangan sang dalang kudeta ini menuai protes dari sejumlah masyarakat Indonesia.

Jenderal Min mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada Sabtu (24/4/2021) pukul 11.00 WIB. Kedatangannya memicu protes, seperti para pesepeda Gowes for Democracy di Gedung Sekretariat ASEAN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Badan Kerjasama Antar Parlemen DPR RI Sebut Junta Militer Myanmar Tak Pantas Ikut KTT ASEAN

"Kami masyarakat Indonesia melalui inisiatif 'Gowes for Democracy' sangat kecewa pada ASEAN karena mengundang junta militer yang dipimpin oleh Jenderal Min Aung Hlaing dalam Konferensi Tingkat Tinggi Istimewa ASEAN mengenai Myanmar di Jakarta," ujar seorang peserta aksi, Safina Maulida.

Safina meyakini KTT Istimewa ASEAN akan gagal mengatasi kekejaman yang berlangsung di Myanmar. Selain itu, kehadiran Jenderal Min di Indonesia sama bentuknya dengan melegitimasi kudeta di Myanmar.

"Kami meyakini Jenderal Min Aung Hlaing tidak akan mempertanggungjawabkan perbuatannya dalam melakukan kejahatan berat di bawah hukum internasional," tambahnya.

Selain di Jakarta, aksi protes dilaksanakan di Yogyakarta. Aksi yang juga menggunakan sepeda ini berlangsung dengan rute tempuh dari Balai Kota-Timoho-Stadion Kridosono-Tugu-Titik 0 KM-Balai Kota.

Dikutip dari laman Tribunnews.com, Perwakilan Komunitas Pit Duwur, Fajar Setyonugroho mengatakan aksi ini merupakan seruan harapan agar Indonesia sebagai anggota KTT ASEAN tidak melegitimasi kepemimpinan hasil kudeta militer di Myanmar.

"Jangan sampai Indonesia menjadi panggung bagi legitimasi dia atas kekuasaannya karena kudeta militer," ungkap Fajar di Titik Nol Kilometer.

Baca Juga: Unjuk Rasa di Lokasi KTT Darurat ASEAN Menyusul Kedatangan Pemimpin Junta Militer Myanmar di Jakarta

Diketahui, selain Jenderal Min Aung Hlaing, datang juga beberapa pemimpin negara-negara lainnya, seperti Perdana Menteri VIetnam Pham Minh Chinh, Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Menteri Luar Negeri Laos Saleumxay Kommasith, dan Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai.

Penolakan sejumlah masyarakat bukan tanpa alasan. Jenderal Min Aung Hlaing telah nyaris membuat 250 ribu orang di negaranya mengungsi. Itu disebabkan karena upaya militer melancarkan kudeta terhadap pemimpin sipil Aung San Suu Kyi. Bahkan, demonstrasi massal yang menentang kudeta mengakibatkan 738 orang tewas dan 3.300 orang mendekam di penjara.

Baca Juga: Dipimpin Sultan Brunei, KTT Darurat ASEAN Digelar Hari Ini Di Jakarta Bahas Kekerasan di Myanmar



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x