Kompas TV nasional agama

Kemenag dan Universitas Indonesia Jalin Kerjasama Program Moderasi Beragama

Kompas.tv - 16 April 2021, 11:05 WIB
kemenag-dan-universitas-indonesia-jalin-kerjasama-program-moderasi-beragama
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam acara Peringatan 50 tahun Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (26/3/2021). (Sumber: Kementerian Agama)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Agama (Kemenag) dan Universitas Indonesia (UI) menjalin kerja sama di bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dengan Rektor UI Ari Kuncoro.

Penandatanganan MoU berlangsung di ruang rapat Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (15/4/2021).

"Alhamdulillah kita sampai pada waktu yang beberapa hari lalu kita ikhtiarkan bersama sama, penandatangan MoU antara Kementerian Agama dengan Universitas Indonesia. Saya senang karena penandatanganan ini akan sangat bermakna buat Kementerian Agama," kata Yaqut.

Baca Juga: Capaian Zakat-Wakaf Masih Minim, Kemenag DIY Bersama SEZWa Giatkan Edukasi Publik

Menurut Yaqut, kerja sama ini berkaitan dengan penyelenggaraan sejumlah program prioritas Kementerian Agama. salah satunya, Program Moderasi Beragama.

“MoU ini sangat bersentuhan dengan program penguatan moderasi beragama,” jelas Yaqut.

Program Moderasi Bergama jadi perioritas Kemenag, sebab jata Yaqut, sesuai arahan Presiden, tahun 2022 akan dicanangkan sebagai tahun toleransi.

Oleh karenanya, penandatanyan MoU tersebut jadi momentup bagi Kementrian Agama.

“Kami sudah siapkan peta jalannya. Harapannya dengan MoU ini akan ketemu momentumnya. Mudah-mudahan MoU ini tidak hanya berhenti pada penandatanganan, tapi juga bisa dilaksanakan dengan baik," jelas Yaqut yang juga sebagai Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor itu.

Baca Juga: Imbauan Menteri Agama Terkait Ibadah dan Kegiatan Keagamaan Selama Bulan Ramadhan

Untuk menindaklanjuti MoU tersebut, Yaqut mengatakan, pihaknya telah merumuskan sejumlah program prioritas yang akan dijalankan mulai tahun ini.

Selain Moderasi Beragama, Kemenag bersama UI juga meningkatkan kesepakatan dalam hal pembangunan kemandirian pesantren.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x