Kompas TV nasional sosial

BMKG: Ada Siklon Tropis Odette, Waspada Gelombang Tinggi di Pantai Selatan Jawa

Kompas.tv - 9 April 2021, 16:36 WIB
bmkg-ada-siklon-tropis-odette-waspada-gelombang-tinggi-di-pantai-selatan-jawa
Seorang warga berdiri di rumah yang roboh setelah dihantam gelombang tinggi di Wilayah Pesisir Utara Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Hariyanto Kurniawan

CILACAP, KOMPAS.TV - Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di pesisir pantai selatan Jawa.

Gelombang yang diperkirakan berkisar pada ketinggian 4-6 meter berlangsung mulai 9 April 2021 hingga 12 April 2021. Hal ini disebabkan adanya perkembangan Siklon Tropis Odette di Samudera Hindia.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan terkait dampak tidak langsung dari adanya siklon tersebut.

“Posisinya sudah cukup jauh sekitar 780 kilometer, tetapi masih dapat memberikan dampak tidak langsung ke wilayah Indonesia. terutama berupa gelombang sangat tinggi yang mencapai ketinggian 4-6 meter di wilayah perairan Samudera Hindia,” ujar Dwikorita dalam konferensi pers virtual di Jakarta.

Dilansir dari Kompas.com, Prakirawan Stasiun Metereologi Tunggul Wulung Cilacap, Rendi Krisnawan mengatakan gelombang tinggi akan terjadi di perairan selatan Sukabumi hingga Yogyakarta.

"Sementara tinggi gelombang 4-6 meter berpeluang terjadi di Samudera Hindia, selatan Sukabumi, Cianjur, Garut Tasikmalaya, Pangandaran, Cilacap, Kebumen, Purworejo, hingga Hindia Selatan Yogyakarta," ucap Rendi melalui keterangan tertulis, Jumat (9/4/2021).

Gelombang tinggi ini dipicu oleh kecepatan angin berkisar 5-35 knot yang bergerak di selatan dan bergerak dari barat daya ke barat laut. Hingga kemudian memicu gelombang tinggi dari Jawa hingga Papua. Ia pun mengimbau agar masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir serta seluruh pengguna jasa kelautan untuk selalu waspada.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x