Kompas TV nasional peristiwa

Ketua DPR Puan Maharani: Demi Keadilan, Perlu Dicegah "Vaccine Nationalism"

Kompas.tv - 31 Maret 2021, 07:41 WIB
ketua-dpr-puan-maharani-demi-keadilan-perlu-dicegah-vaccine-nationalism
Ketua DPR Puan Maharani (Sumber: KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Ketua DPR RI Puan Maharani menyoroti ketersediaan vaksin Covid-19 dan distribusinya yang belum merata di seluruh dunia.

Menurut Puan, distribusi vaksin harus merata meski berdasarkan data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), sekitar 130 negara belum menerima satu pun dosis vaksin Covid-19.

“Perlu pula dicegah terjadinya ‘vaccine nationalism’ yang membatasi negara berkembang untuk mendapat akses kepada vaksin,” kata Puan dalam  pertemuan virtual dengan Presiden Inter-Parliamentary Union (IPU) Duarte Pacheco di Jakarta, Selasa (30/3/2021). 

Puan menekankan keadilan akses terhadap vaksin.

“Kita perlu ikut mendorong akses adil dan merata terhadap vaksin yang berkualitas, terjangkau, dan efektif bagi semua negara dan semua orang,” katanya.

Baca Juga: Ketua DPR Puan Maharani Tekankan Pentingnya Etika Politik, Agar Wibawa Parlemen Meningkat

Menurut Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini, dunia tidak akan aman dari virus sampai semua negara terbebas dari virus tersebut.

“Distribusi vaksin yang merata, menjadi salah satu katalisator dalam meningkatkan prospek pemulihan ekonomi dunia,” ujarnya.

Baca Juga: Fotonya Bermain Bersama Anak Kecil Dipamerkan di DPR, Puan Maharani: Enggak Diskenarioin, Alami

Karena itu, IPU perlu membantu akselerasi pemulihan ekonomi global dengan upaya membangun lebih baik lagi (build back better) pada masa pasca-pandemi.

Caranya, IPU dapat bekerja sama dengan organisasi ekonomi internasional untuk mendorong koordinasi kebijakan makro ekonomi berbagai negara.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x