Kompas TV nasional politik

Formula E Batal Digelar di Monas, Ahmad Riza Tetap Optimistis Pemprov DKI Dapat Untung

Kompas.tv - 23 Maret 2021, 23:04 WIB
formula-e-batal-digelar-di-monas-ahmad-riza-tetap-optimistis-pemprov-dki-dapat-untung
Ajang Balap Formula E (Sumber: FIA Formula E)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemprov DKI Jakarta memastikan ajang balap Formula E tetap digelar di Jakarta.

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patri menjelaskan ajang balap mobil listrik tersebut merupakan salah satu program Pemprov DKI dan telah mendapat persetujuan DPRD DKI dalam proses penganggarannya.

Menurut Ahmad Riza, saat ini pemprov sedang mencari lokasi baru yang menjadi sirkuit ajang Formula E. Sirkuit tersebut pastinya mengedepankan ikon kota Jakarta.

Baca Juga: PSI Tetap Tolak Formula E di Jakarta, Ini Respon Wagub DKI Jakarta

Ahmad Riza menambahkan pihaknya tidak bisa memutus sepihak kegiatan tersebut lantaran sudah menjadi program dari Pemprov DKI.

Terlebih dalam kajian yang sudah dilakukan ajang balap tersebut dapat menguntungkan Indonesia khususnya DKI Jakarta.

“Jadi semua nilai positifnya dihitung berapa bagi Jakarta dan tentu Indonesia itu sudah dihitung juga. Kalau tidak (menguntungkan), tidak berani kita. Jadi uang yang kita keluarkan tentu sesuai dengan apa yang nanti didapatkan," ujarnya, Selasa (23/3/2021).

Lebih lanjut Ahmad Riza optimis kegiatan tersebut dapat dilaksanakan pada 2022 mendatang, seiring dengan menurunnya anggka kasus Covid-19 di DKI Jakarta.

Baca Juga: Wagub DKI: Biaya Formula E yang Disetor Tetap Aman

“Mudah-mudahan nanti tahun 2022 penyebaran (Covid-19) semakin menurun, vaksinasi semakin membaik meningkat dan masyarakat semakin disiplin, kami akan melaksanakan penyelenggaraan lomba Formula E di Jakarta dan di beberapa negara lain yang memang sudah dijadwalkan," ujar Riza.

Sebelumnya sirkuit ajang balap mobil listrik batal digelar di kawasan Monumen Nasional seperti yang sudah direncanakan.

Project Director Sportainment PT Jakarta Propertindo (Perseroda) M Maulana menjelaskan pihaknya sudah mendata lokasi baru yang akan dijadikan sirkuit Jakarta ePrix 2022.

Baca Juga: Jakarta Tidak Dimasukkan Sebagai Tuan Rumah Formula E

Beberapa di antaranya sudah masuk dalam pertimbangan karena memiliki potensi untuk menunjukkan city branding dan ikon-ikon Kota Jakarta.

Meski belum menentukan lokasi sirkuit, Maulana menjelaskan, persiapan penyelenggaraan Formula E pada 2022 tergolong mudah karena sudah disiapkan sejak 2020.

Selain menentukan sirkuit, PT Jakpro dan Pemprov DKI juga sedang melakukan diskusi lebih dalam untuk keterlibatan pihak swasta terhadap penyelenggaraan ajang balap mobil listrik tersebut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x