Kompas TV nasional kesehatan

Begini Cara Mencegah Tertular Virus Corona dari Makanan

Kompas.tv - 13 Maret 2021, 22:00 WIB
begini-cara-mencegah-tertular-virus-corona-dari-makanan
Ilustrasi makanan beku, penularan Covid-19, virus corona pada makanan. (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jika penularan virus corona bisa ditularkan melalui droplet dari orang yang terinfeksi, baik berbicara, batuk atau bersin, maka apakah bisakah makanan bisa juga tularkan Covid-19?

Droplets yang mengandung virus juga bisa mendarat di berbagai permukaan. Meskipun lebih jarang, virus corona juga dapat ditularkan melalui kontak dengan permukaan yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh hidung, mulut, atau mata.

Karena itu, muncul kekhawatiran penularan Covid-19 dari makanan atau kemasan makanan yang dibeli di restoran maupun supermarket.

Baca Juga: Ada Isu Penggumpalan Darah untuk Vaksin AstraZeneca, Ini Penjelasan Satgas Covid-19

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, risiko terjadinya penularan Covid-19 melalui makanan ini sebenarnya sangat rendah. 

CDC mengatakan bahwa tidak ada kasus yang dikaitkan dengan kemasan makanan atau tas belanjaan. Namun, ada kemungkinan virus SARS-CoV 2 dapat bertahan di permukaan ini. 

Beberapa di antaranya termasuk bahan kemasan makanan yang umum, seperti:

1. Plastik : Virus bertahan antara 3 dan 7 hari di atas plastik.

2. Kardus: Virus bertahan hingga 24 jam di atas karton.

3. Kaca: Virus bertahan hingga 4 hari di atas kaca.

4. Kain: Virus bertahan hingga 2 hari di atas kain.

Baca Juga: WHO: Tidak Ada Alasan Hentikan Vaksinasi Dengan Vaksin Covid-19 AstraZeneca

Penting untuk diingat bahwa penelitian ini dilakukan dalam kondisi laboratorium standar. Jika virus corona penyebab Covid-19 ada pada kemasan makanan, kemungkinan besar virus itu jumlahnya sedikit dan juga sensitif terhadap kondisi seperti suhu dan kelembapan.

Secara keseluruhan, virus SARS-CoV-2 ini tidak bertahan dengan baik di luar tubuh manusia. Berikut beberapa tips untuk memastikan keamanan pada kemasan makanan:

1. Cuci tangan dengan bersih setelah kembali dari toko bahan makanan, setelah menyimpan bahan makanan, atau setelah mengeluarkan makanan dari kemasannya.

2. Hindari penggunaan pemutih, amonia, atau disinfektan lainnya untuk membersihkan kemasan makanan.

3. Buang segera kemasan makanan atau tas belanja yang tidak diperlukan ke tempat daur ulang atau tempat sampah yang sesuai.

4. Cuci tas belanja kain kotor dengan cucian biasa.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x