Kompas TV nasional politik

Seminggu Setelah KLB, Moeldoko Belum Juga Muncul di Tengah Publik

Kompas.tv - 12 Maret 2021, 05:45 WIB
seminggu-setelah-klb-moeldoko-belum-juga-muncul-di-tengah-publik
Unggahan Moeldoko di akun Instagram miliknya, diduga menyindir Partai Demokrat. (Sumber: Instagram)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Hari ini, tepat seminggu Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat digelar di Deli Serdang, Sumatera Utara. Kongres Luar Biasa yang digelar pada Jumat (5/3/2021)  lalu itu sepakat mengangkat Kepala Staf Presiden Moeldoko sebagai ketua umum. 

Pengangkatan Moeldoko sebagai ketua umum disampaikan oleh pengaggas KLB, Johni Allen Marbun. Malam setelah diangkat, Moeldoko tiba di lokasi KLB. Dia pun memberikan pidatonya kepada kader yang hadir. 

"Setelah adanya kepastian, saya dengan sukarela ke lokasi ini walaupun macetnya luar biasa. Saya sudah sangat menghargai perbedaan pendapat yang terjadi di KLB ini. Ada yang memilih Pak Moeldoko, Pak Marzuki Ali, inilah namanya demokrasi," kata mantan Panglima TNI ini.

Baca Juga: Demokrat Kubu Moeldoko Akui Belum Daftarkan Hasil KLB Deli Serdang ke Kemenkumham

Moeldoko juga bicara soal kepemimpinan. "Berbicara leadership, kekuatan panglima ada di tangan kalian semua. Panglima tidak ada artinya kalau tidak memiliki prajurit yang tangguh. Seorang pemimpin tugasnya memberikan kekuatan dan energi kepada komandan di bawahnya, bukan malah melemahkan," tegas Moeldoko.

Namun setelah usai KLB, Moeldoko tidak lagi menampakkan diri di hadapan publik. Bahkan, akun instagramnya, yang biasanya lumayan aktif pasang foto masih belum diperbaharui. Saat ini yang terpasang masih foto Jumat lalu saat dia melaksanakan ibadah salat Jumat di kantornya.

Baca Juga: Sekjen Partai Demokrat Kubu Moeldoko Sindir SBY: 2 Periode Presiden Kantor DPP Tidak Dibangun

Dan kemarin, Kamis (11/3/2021),  ketika kader pendukung KLB mengadakan jumpa pers di rumahnya, di Jl Terusan Lemban no D54, Menteng, Jakarta Pusat, Moeldoko selaku tuan rumah justeru tidak tampak.      

Kader Demokrat pendukung KLB Darmizal, enggan menjawab keberadaan Moeldoko saat itu. "Saya tidak bertemu beliau dan tidak bertanya karena ini hari libur. Yang saya sepakati, boleh enggak kami pinjam rumah,  karena di rumah tidak ada orang," katanya. 

Menurut Darmizal, penghuni rumah sedang bepergian ke  luar kota.  Namun diizinkan digunakan untuk kegiatan jumpa pers, sehari saja.

Menurut dia, ketidakhadiran Moeldoko pada acara jumpa pers dewan pimpinan pusat (DPP) Partai Demokrat versi KLB tidak jadi sebuah masalah. Sebab mereka super team "Di sini   super team. Di sini, kolektif kolegial. Kalau tidak ada ketua umum, ada wakil ketua umum, sekretaris jenderal," katanya memberi alasan.

Hal ini berbeda dengan ketika tudingan kudeta ditujukan kepadanya. Moeldoko aktif menangkis serangan melalui video yang dibagikan, dua kali jumpa pers dan rajin membagikan foto di akun instagramnya. Jadi, kemana Pak Moeldoko?



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x