Kompas TV nasional update corona

Mulai 15 Februari, Tes GeNose Covid-19 Tersedia di 8 Stasiun Kereta, Mulai Bandung Hingga Surabaya

Kompas.tv - 13 Februari 2021, 17:52 WIB
mulai-15-februari-tes-genose-covid-19-tersedia-di-8-stasiun-kereta-mulai-bandung-hingga-surabaya
Calon penumpang diminta menghembuskan napas ke kantong plastik untuk pemeriksaan GeNose C19. Pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose adalah salah satu syarat naik kereta api jarak jauh. (Sumber: Dok. PT KAI)
Penulis : Ahmad Zuhad

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah tersedia di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Tugu Yogyakarta, layanan pemeriksaan Covid-19 GeNose akan tersedia jugadi 6 stasiun lainnya. PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengumumkan, layanan tes GeNose akan tersedia di 6 stasiun itu mulai 15 Februari 2021.

Stasiun yang baru masuk daftar lokasi tes GeNose adalah Stasiun Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Solo Balapan, dan Surabaya Pasar Turi.

"Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang kami berikan bagi pelanggan dalam rangka pemenuhan persyaratan perjalanan kereta api," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus melalui keterangan resmi, Sabtu (13/2/2021).

Baca Juga: Pasien Covid-19 Kabur dan Bersembunyi di Selokan Rumah Sakit, Evakuasi 2 Jam Lebih

Pihak KAI mengaku akan terus menambah jumlah stasiun yang dapat melayani tes screening GeNose secara bertahap.

Joni mengaku, sejak pembukaan layanan pada 3 Februari hingga 13 Februari 2021, KAI telah melayani tes GeNose untuk 21.503 orang di stasiun.

Untuk mendapatkan layanan tes GeNose ini, calon penumpang kereta cukup membayar Rp20 ribu sekali pengetesan.

Namun, sebelum menggunakan layanan GeNose, ada beberapa syarat yang perlu masyarakat diketahui. Hal ini agar pemeriksaan bisa memberiksan hasil akurat.

Baca Juga: Nakes di RSUD dr Pirngadi Medan Unjuk Rasa Bawa Poster: Tolong Kami. Bayarkan Gaji Covid-19 Kami !!

“Untuk melakukan pemeriksaan GeNose C19, calon penumpang harus dalam kondisi sehat, telah memiliki tiket, serta dilarang merokok, makan, minum (kecuali air putih), selama 30 menit sebelum pemeriksaan sampel napas,” ujar Joni, Senin (1/2/2021).

Nantinya, petugas akan memberikan kantong plastik GeNose setelah calon penumpang mendaftar dan membayar layanan.

Calon penumpang lalu mesti mengambil napas melalui hidung dan membuangnya melalui mulut sebanyak tiga kali ke dalam kantong plastik itu.

Joni mengatakan, GeNose C19 dapat memberikan hasil pemeriksaan dalam waktu 3 menit.

Baca Juga: Demam Tinggi hingga Merasa Linglung, Ini Daftar Gejala yang Dialami Ari Lasso Saat Positif Covid-19

Seperti diketahui, surat keterangan negatif dari tes GeNose dapat menjadi syarat menaiki kereta api jarak jauh. Hal ini tertuang dalam surat edaran Kemenhub Nomor 21 tahun 2021.

Tes GeNose dapat menjadi alternatif dari Rapid Test Antigen atau tes RT-PCR. Pengambilan sampel untuk berbagai macam tes itu paling lambat 3 hari sebelum keberangkatan di luar masa libur panjang atau libur keagamaan.

Sementara, tes sebagai syarat keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan dapat dilakukan 1 hari sebelum keberangkatan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x