Kompas TV nasional hukum

Herman Tewas dengan Tubuh Penuh Luka, Wakil Ketua Komisi III Ingatkan Janji Kapolri

Kompas.tv - 8 Februari 2021, 13:54 WIB
herman-tewas-dengan-tubuh-penuh-luka-wakil-ketua-komisi-iii-ingatkan-janji-kapolri
Calon tunggal kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo saat mengikuti uji kepatutan dan kelayakan dengan Komisi III DPR, Rabu (20/1/2021) (Sumber: Dok. Divisi Humas Polri via Kompas.com)
Penulis : Iman Firdaus

JAKATA, KOMPAS.TV- Tahanan Polresta Balikpapan, Kalimantan Timur bernama Herman, tewas dengan sekujur tubuh penuh luka. Teka-teki kematian Herman dipersoalkan banyak pihak. 

Wakil Ketua Komisi III dari fraksi PAN Pangeran Khairul Saleh mengingatkan janji Kapolri Jenderal Listyo Sigit yang yang akan bertindak humanis dan profesional. "Sebagaimana disampaikan oleh Kapolri saat fit and proper test di Komisi III. Kepolisian di era beliau akan bertindak secara humanis dan professional dalam menangani berbagai perkara," kata Pangeran, Senin (8/2/2021).

Namun, Pangeran juga mengingatkan agar masyarakat jangan terprovokasi dan menyerahkan kasus ini ke propam Polri. "Kami mengharapkan agar masyarakat tetap tenang dan tidak terprovokasi. Serahkan ke Propam dan Polda," lanjutnya.

Baca Juga: Kompolnas Minta Polisi Pelaku Kekerasan Terhadap Herman di Balikpapan Diproses Pidana dan Etik

Sebelumnya, Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsari mengecam kematian Herman yang dinilai tidak wajar. "Saya mengecam keras dugaan penyiksaan yang dilakukan oleh anggota Polresta Balikpapan. Polisi harus mengusut tuntas kejadian tersebut dan menghukum para pelaku melalui proses hukum pidana," kata Beka, Minggu (7/2/2021).

Kasus Herman, yang disebut "Dijemput Tak Berbaju" itu diduga terkait pencurian HP. Herman tewas Kamis (3/12/2020), sekitar pukul 22.00 Wita.  Kabar tewasnya Herman dikabarkan seseorang via telepon ke pihak keluarga.

Dikutip  dari Kompas.ID,  keluarga tidak boleh melihat jenazah Herman. Seorang anggota polisi berkata, jenazah Herman akan diurus oleh polisi sampai pemakaman. Seorang yang lain menyodorkan foto tanah galian di telepon genggam kepada anggota keluarga. Lelaki itu bilang, itu merupakan tempat yang baru saja disiapkan untuk pemakaman Herman. 

Keluarga heran, kenapa anggota keluarga seperti dipersulit untuk bertemu jenazah yang memang tanggung jawab dan hak keluarga.

Baca Juga: Diintimidasi, Wartawan Laporkan Herman HN ke Polda Lampung

Keluarga ingin menyalatkan dan mengebumikannya. Setelah perdebatan yang alot hingga Jumat (4/12/2020) dini hari itu, polisi sepakat memulangkan Herman pukul 08.00 Wita.

Keluarga pulang dan masih membatin: apa yang menyebabkan Herman tak bernyawa? Sebab, sebelum kejadian itu, Herman tak mengeluhkan sakit apapun dan beraktifitas seperti biasa di rumah.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x