Kompas TV nasional peristiwa

Mengenal Asal-usul Kabupaten Sabu Raijua, yang Bupati Terpilihnya WNA

Kompas.tv - 4 Februari 2021, 08:40 WIB
mengenal-asal-usul-kabupaten-sabu-raijua-yang-bupati-terpilihnya-wna
Pemandangan alam Sabu Raijua di NTT (sumber: Kompas.com)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Nama Kabupaten Sabu Raijua di Nusa Tenggara Timur (NTT)  mendadak terkenal setelah bupati terpilihnya Orient Riwu Kore berstatus warga negara Amerika Serikat. Nama kabupaten pemekaran ini, dikukuhkan  tahun 2008 ini berdasarkan Undang - undang Nomor 52 Tahun 2008 tanggal 26 Nopember 2008. Yaitu,  pemekaran dari Kabupaten Kupang Propinsi Nusa Tenggara Timur, dan Kabupaten Sabu Raijua merupakan Kabupaten yang ke 21 di propinsi Nusa Tenggara Timur.


Dilihat dari laman https://saburaijuakab.go.id/ yang menampilkan gambaran Kabupaten Sabu Raijua, dijelaskan asal-usul kabupaten ini.

Pulau Sabu juga dikenal dengan sebutan Sawu atau Savu. Penduduk di pulau ini sendiri menyebut pulau mereka dengan sebutan Rai Hawu yang artinya Tanah dari Hawu dan orang Sabu sendiri menyebut dirinya dengan sebutan Do Hawu. 

Baca Juga: Heboh Bupati Terpilih Sabu Raijua Adalah WN Amerika Serikat. Bagaimana Aturan di AS Soal Itu?

Nama resmi yang digunakan pemerintah setempat adalah Sabu. Masyarakat Sabu menerangkan bahwa nama pulau itu berasal dari nama Hawu Ga yakni nama salah satu leluhur mereka yang dianggap mula-mula mendatangi pulau tersebut.

"Menurut sejarah, nenek moyang orang Sabu berasal dari suatu negeri yang sangat jauh yang letaknya di sebelah Barat pulau Sabu," demikian catatan tentang leluhur Sabu. 

Disebutkan, pada abad ke-3 sampai abad ke-4 terjadi arus perpindahan penduduk yang cukup besar dari India Selatan ke Kepulauan Nusantara. Perpindahan penduduk itu disebabkan karena pada kurun waktu itu terjadi peperangan yang berkepanjangan di India Selatan. 

Baca Juga: Terbongkar! Riwayat Orient Riwu Kore Jadi Warga Amerika hingga Terpilih Bupati Sabu Raijua

Dari syair-syair kuno dalam bahasa Sabu dapat diperoleh informasi sejarah mengenai negeri asal leluhur Sabu. Syair-syair itu mengungkapkan bahwa negeri asal orang Sabu terletak sangat jauh di seberang lautan di sebelah Barat yang bernama Hura. 

Nah, di India terdapat Kota Surat di wilayah Gujarat Selatan yang terletak di sebelah Kota Bombay, Teluk Cambay, India Selatan. Kota Gujarat pada waktu itu sudah terkenal sebagai pusat perdagangan di India Selatan. Orang Sabu tidak dapat melafalkan kata Surat dan Gujarat sebagaimana mestinya, sehingga mereka menyebutnya Hura. 

Para pendatang dari India Selatan inilah penghuni pertama pulau Raijua di bawah pimpinan Kika Ga dan saudaranya Hawu Ga. Keturunan Kika Ga inilah yang disebut orang Sabu (Do Hawu). Setelah kawin mawin mereka kemudian menyebar di Pulau Sabu dan Raijua dan menjadi cikal bakal orang Sabu.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x