Kompas TV nasional peristiwa

Pemprov DKI Revitalisasi JPO Karet Sudirman Demi Kenang Nakes

Kompas.tv - 30 Januari 2021, 21:30 WIB
pemprov-dki-revitalisasi-jpo-karet-sudirman-demi-kenang-nakes
Visualisasi JPO Karet Sudirman. Pemprov DKI Jakarta berencana untuk merevitalisasi JPO Karet Sudirman bertema Kapal Pinisi untuk mengenang para tenaga kesehatan. (Sumber: Instagram Dinas Bina Marga DKI Jakarta)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendesain jembatan penyeberangan orang (JPO) Karet Sudirman, Jakarta Pusat, dengan tema kapal pinisi.

Rencananya, jembatan ini akan direvitalisasi menggunakan konsep Kapal Pinisi dan dilengkapi dengan anjungan bernama Anjungan Pandang Jakarta, sehingga masyarakat dapat menikmati pemandangan ibu kota dari atas.

Menurut Dinas Bina Marga DKI Jakarta, revitalisasi dilakukan untuk mengenang perjuangan tenaga kesehatan (nakes) selama pandemi Covid-19. Nantinya akan ada galeri apresiasi bagi para tenaga kesehatan di JPO tersebut.

Baca Juga: JPO Sudirman Copot Atap, Warga: Lebih Bagus, Terbuka, Instagrammable

"Revitalisasi JPO ini didedikasikan untuk mengenang perjuangan dan pengorbanan tenaga medis dalam menangani pandemi Covid-19," tulis akun Instagram Bina Marga Jakarta, Jumat (29/1/2021).

Nantinya, sejumlah fasilitas juga akan ditambahkan agar JPO Karet Sudirman dapat memberi kemudahan bagi penyandang disabilitas dan pengguna jalan berkebutuhan khusus.

Jembatan penyeberangan orang tersebut terletak di kawasan Karet Central Business District atau CBD di Jalan Sudirman. Ini adalah jembatan penyeberangan yang dapat digunakan oleh pejalan kaki, pesepeda, dan pengguna moda transportasi bus Transjakarta.

Baca Juga: Heroik! Video Detik-detik Pengemudi Ojol Selamatkan Wanita Hamil Yang Hendak Lompat dari JPO

JPO Sudirman Karet itu dilengkapi lift yang mampu mengangkut beban seberat 3 ton atau 8 sepeda sekaligus pengendara, maupun penyandang disabilitas yang membutuhkan.

Jembatan penyeberangan orang atau JPO ini juga dilengkapi CCTV dan sensor beban pada anjungan untuk keamanan. 

Setelah direvitalisasi, JPO Karet Sudirman akan dilengkapi prasasti penghormatan kepada tenaga kesehatan yang telah berjuang menangani pasien dalam pandemi Covid-19.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x