Kompas TV nasional peristiwa

Sulawesi Barat Sudah Diguncang Gempa 28 Kali Dalam Waktu Kurang dari 2 Hari

Kompas.tv - 15 Januari 2021, 11:27 WIB
sulawesi-barat-sudah-diguncang-gempa-28-kali-dalam-waktu-kurang-dari-2-hari
Sedikitnya tiga orang tewas dan 24 orang terluka dalam gempa di Sulawesi Barat, Jumat, 15 Januari 2021. Puluhan bangunan rusak berat akibat peristiwa ini. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Eddward S Kennedy

MAKASSAR, KOMPAS.TV – Sejak gempa yang pertama menggucang di Majene, Sulawesi Barat, Kamis (14/1/2021), sudah ada sekitar 28 gempa yang terjadi di wilayah tersebut.

Syarifuddin, Staff Pusat Gempa Regional IV Makassar, melalui keterangan tertulisnya menyebutkan bahwa 28 gempa tersebut terjadi setelah gempa dengan magnitude 5,9 mengguncang.

“Kalau sejak dari gempa 5.9, tanggal 14 Januari 2021 jam 14:35.49 WITA sudah ada kejadian gempa 28 kali. Gempa bumi (pusatnya) terletak pada koordinat 2,99 LS dan 118,89 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 4 kilometer arah Barat Laut Majene, Sulawesi Barat pada kedalaman 10 km,”tulis Syafruddin, seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (15/1/2021).

Ia juga menyebutkan bahwa gempa yang terjadi di Majene, Sulawesi Barat termasuk gempa bumi dangkal yang terjadi akibat aktivitas sesar lokal.

Berdasarkan hasil analisis mekanisme, gempa bumi yang terjadi di Sulbar ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, menyebutkan masih ada potensi gempa susulan berikutnya yang dapat menyebabkan longsor bawah laut.

Jika gempa susulan tersebut terjadi, ada kemungkinan terjadinya tsunami.

“Sehingga masih atau dapat pula berpotensi terjadi tsunami apabila ada gempa susulan berikutnya,” ujar Dwikorita.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x