Kompas TV nasional peristiwa

Gempa 5,2 Richter Guncang Nias Sore Tadi, Tidak Berpotensi Tsunami

Kompas.tv - 31 Desember 2020, 21:06 WIB
gempa-5-2-richter-guncang-nias-sore-tadi-tidak-berpotensi-tsunami
Episentrum Gempa Nias 31 Desember 2020 (Sumber: USGS)
Penulis : Edwin Shri Bimo

JAKARTA, KOMPAS TV –  Gempa mengguncang Nias Sumatera Utara sore tadi (31/12/2020) pukul 17.49 WIB sebesar 5,2 skala Richter seperti dilaporkan Badan Meteorologi dan Geofisika BMKG.

Episentrum gempa dilaporkan terletak 34 kilometer lepas pantai Barat Daya Nias Selatan di kedalaman 23 kilometer. BMKG menyatakan gempa dasar laut tersebut tidak berpotensi tsunami.

Dari rilis BMKG, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan jenis gempa bumi yang terjadi di Nias termasuk dalam gempa bumi dangkal, “Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia,” ujarnya Kamis (31/12/2020) malam.

Bambang menambahkan, hingga pukul 18.06 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan atau aftershock. Sebab dari gempa itu sendiri diperkirakan akibat dari mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault).

Dampak guncangan gempa menurut berbagai laporan dapat dirasakan di Teluk Nias dengan skala II-III MMI. BMKG melaporkan sejauh ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x