Kompas TV nasional berita utama

Pemerintah Siap Salurkan Bansos Tunai dan Bansos Sembako Mulai Januari 2021

Kompas.tv - 29 Desember 2020, 13:09 WIB
pemerintah-siap-salurkan-bansos-tunai-dan-bansos-sembako-mulai-januari-2021
Manteri Sosial baru Tri Rismaharini atau kerap dipanggil Risma. (Sumber: Dok Kementerian Sosial)
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemerintah sampaikan akan segera salurkan bantuan sosial pada awal 2021.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam konferensi persnya di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (29/12/2020)

"Kami dengan PT Pos akan menyalurkannya kurang lebih mulai tanggal 4 Januari (2021), kita berharap satu minggu itu bisa kelar di seluruh Indonesia," ujar Risma

Bantuan sosial atau bansos ini berupa program keluarga harapan atau PKH, sembako, bantuan sosial tunai (BST) dan bantuan langsung tunai BST.

Risma juga jelaskan bantuan PKH untuk 10 juta penerima manfaat akan diberikan tiap tiga bulan sekali selama satu tahun, yaitu Januari, April, Juli dan Oktober melalui Himbara.

Sementara bantuan sembako diberikan untuk 18,8 juta penerima senilai Rp 200.000 akan disalurkan mulai Januari hingga Desember 2021.

Sedangkan penerima bantuan sosial tunai akan diberikan kepada 10 juta penerima dengan uang tunai sebesar Rp 300.000 yang akan diberikan selama Januari hingga April 2021 melalui PT POS.

Bagi warga Jabodetabek yang menerima bantuan sembako akan diganti dengan bantuan tunai langsung mulai tahun 2021.

Risma ingatkan warganya agar tidak gunakan bantuan sosial untuk membeli rokok.

"Kami akan bicarakan, kalau itu mekanisme itu terjadi, maka kami akan melakukan evaluasi untuk penerima bantuan. Karena sekali lagi jangan sampai bantuan ini untuk kesehatan namun kemudian ada masalah karena digunakan untuk rokok," tuturnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x