Kompas TV nasional sapa indonesia

Perkiraan Cuaca dan Mitigasi Gempa di Awal 2021

Kompas.tv - 29 Desember 2020, 11:16 WIB
Penulis : Merlion Gusti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menjelang akhir tahun 2020, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) ingatkan prospek iklim, terutama musim hujan yang lebih basah di tahun 2021 mendatang.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam keterangan tertulisnya mengatakan, kecenderungan musim hujan lebih basah ini akan terjadi di beberapa daerah. 

"Berdasarkan analisis dinamika atmosfer dan prakiraan curah hujan bulanan, diprakirakan kondisi musim hujan hingga Maret 2021 akan bersifat normal sampai atas normal atau cenderung lebih basah dari biasanya, atau bila dibandingkan dengan musim hujan tahun lalu," kata Dwikorita.

Baca Juga: BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrem dalam Sepekan Ini

Ditambahkan oleh Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Herizal bahwa ada beberapa daerah yang berpotensi mengalami curah hujan kategori tinggi sekitar 300-500 mm per bulan untuk priode enam bulan. 

Berikut daftar wilayah yang berpotensi mengalami musim hujan yang lebih basah di tahun 2021 mendatang, khususnya pada Januari-April 2021.

- Bagian barat Sumatera 
- Sebagian besar Jawa 
- Sebagian Bali 
- Nusa Tenggara Timur 
- Nusa Tenggara Barat 
- Bagian tengah-utara Kalimantan 
- Sebagian besar Sulawesi 
- Maluku Utara 
- Maluku 
- Papua Barat 
- Papua 

Baca Juga: Cuaca Buruk Membuat Hasil Panen Cabai Petani Menurun

Sementara, untuk periode Mei-Juni 2021, peluang curah hujan kategori tinggi, di mana musim hujan yang lebih basah diprediksikan akan terjadi di wilayah berikut ini. 

- Bagian utara Kalimantan 
- Sebagian Sulawesi
- Sebagian Maluku Utara 
- Sebagian Maluku 
- Papua Barat bagian utara 
- Papua bagian tengah




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x