Kompas TV nasional sapa indonesia

Keren! Lidi Nipah Diolah Jadi Barang Bernilai Ekonomis Sampai Tembus Pasar Nasional!

Kompas.tv - 22 Desember 2020, 19:05 WIB
Penulis : Dea Davina

BANGKA BELITUNG, KOMPAS.TV - Sejumlah kerajinan dengan beragam bentuk dan ukutan ini merupakan kerajinan tangan dari para perempuan di Desa Kace, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Barang-barang seperti keranjang pakaian, meja, kursi, lampu gantung, tudung saji dan yang lain dibuat dari bahan dasar lidi nipah yang tumbuh liat di sisi sungai serta tidak terpakai.

Di tangan para perempuan yang tergabung dalam kelompok UMKM ini, lidi nipah diolah menjadi barang bernilai ekonomis dan diterima di pasaran.

Untuk proses pembuatan, setiap kerajinan tentunya dibutuhkan kecekatan tangan yang sudah terlatih.

Lidi nipah yang sudah dibentuk sesuai dengan motifnya, kemudian ditambahkan dengan rangka besi agar kokoh dan tahan lama.

Meski kerajinan berbahan lidi nipah ini baru ditekuni selama tiga bulan, penjualan sudah tembus pasar nasional dan direncanakan akan diekspor ke pasar internasional.

Untuk kisaran harga, kerajinan ini dijual mulai dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah tergantung jenis dan ukuran.

Berkat kreativitas, para perempuan yang semuanya merupakan ibu rumah tangga nyatanya mampu membantu perekonomian keluarga di masa pandemi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x