Kompas TV nasional politik

Enam Menteri Baru Memakai Jaket Biru, Apa Makna di Baliknya?

Kompas.tv - 22 Desember 2020, 16:28 WIB
enam-menteri-baru-memakai-jaket-biru-apa-makna-di-baliknya
Presiden Joko Widodo memperkenalkan enam menteri baru di beranda Istana Merdeka, Selasa (22/12/2020). Para menteri baru terlihat memakai jaket biru. (Sumber: youtube Sekretariat Presiden)
Penulis : Tussie Ayu

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo mengumumkan enam menteri baru pada Selasa (22/12/2020). Pada perkenalan menteri sebelumnya, menteri-menteri Jokowi biasanya memakai kemeja putih. Namun ada sesuatu yang baru dalam perkenalan menteri kali ini.  

Ketika diperkenalkan satu per satu oleh presiden, keenam menteri baru tidak hanya memakai kemeja putih, tapi semuanya kompak memakai jaket biru di luar kemeja putih. Lalu apa makna di balik jaket biru tersebut?

Baca Juga: Profil Budi Gunadi Sadikin, Lulusan Fisika Nuklir yang Jadi Menteri Kesehatan

Berdasarkan keterangan tertulis kepada Kompas TV, Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, jaket biru ini memang memiliki makna tersendiri.

“Jaket itu bahannya enak, jadi kalau panas tidak membuat keringat, kalau hujan tidak basah. Jadi para menteri harus siap bekerja setiap saat,” ujar Bey Machmudin.

Jaket biru muda yang dikenakan para menteri baru memang terlihat nyaman, sporty dan bisa digunakan dalam berbagai kesempatan.

Ketika diperkenalkan di beranda Istana Merdeka, Jakarta Pusat, para menteri baru juga terlihat memakai masker.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tunjuk Tri Rismaharini Jabat Menteri Sosial

Berikut adalah nama-nama enam menteri baru yang diumumkan Presiden Joko Widodo:
Tri Rismaharini - Menteri Sosial
Sandiaga Uno – Menparekraf
Budi Gunadi Sadikin - Menteri Kesehatan
Yaqut Cholil Quomas - Menteri Agama
Sakti Wahyu Trenggono - Menteri KKP
Muhammad Lutfi - Menteri Perdagangan

Pelantikan keenam menteri baru rencananya akan dilaksanakan pada Rabu (23/12/2020). Semoga para menteri terpilih memang siap bekerja setiap saat, seperti makna dalam jaket biru yang mereka kenakan hari ini.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x