Kompas TV nasional peristiwa

Siapkan Sekolah Digital, Mendikbud Nadiem Makarim Bakal Bagikan Laptop ke Sekolah

Kompas.tv - 28 November 2020, 14:09 WIB
siapkan-sekolah-digital-mendikbud-nadiem-makarim-bakal-bagikan-laptop-ke-sekolah
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim (Sumber: Kemendikbud)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim berkomitmen mengakselerasi sekolah digital pada 2021 mendatang.

Untuk itu, di tahun depan pihaknya akan memberikan perangkat teknologi informasi dan komunikasi (IT) kepada sekolah. Misalnya memberikan laptop atau komputer sekolah-sekolah.

Hal tersebut dibahas Nadiem dalam siaran langsung di Instagram yang dilakukan bersama Maudy Ayunda, pada Jumat (27/11/2020).

"Digitalisasi sekolah, kita bakal akselerasi memberikan laptop-laptop, proyektor dan Wi-Fi-lator kepada sekolah-sekolah agar guru-gurunya dan anak-anaknya punya akses kepada dunia internet ya," kata Nadiem Makarim.

Baca Juga: Nadiem Makarim Menghela Napas Saat Mendapat Pertanyaan Ini dari Maudy Ayunda

Hal itu demi memberikan kesempatan bagi para guru dan murid untuk mendapatkan akses pada dunia digital.  Nadiem juga akan bekerjasama denggana kementerian lain untuk memperluas jaringan internet ke seluruh pelosok negeri.

"Bagian kita bukan jaringan, tapi kita penggunaannya. Tapi kita akan dukung penjaringan di kementerian lain, akan kita terus koordinasi dengan mereka," ucap Nadiem Makarim.

Digitalisasi Sekolah merupakan implementasi dari new learning, yang disiapkan untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Karakteristik new learning tersebut adalah student centered, multimedia, collaborative work, information exchange, dan critical thinking and informed decision making.

Kemendikbud juga memiliki rencana untuk membuka kembali sekolah untuk pelajaran tatap muka siswa-siswa di seluruh Indonesia pada Januari 2021.

Baca Juga: Keren! Nadiem Makarim Minta Maudy Ayunda Ajarkan Dirinya Sistem Pendidikan Stanford

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.