Kompas TV nasional sapa indonesia

Punya Riwayat Parkinson dan Selalu Batuk Saat Minum Air? Begini Solusinya

Kompas.tv - 16 November 2020, 11:26 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sapa Indonesia Pagi kembali (16/11/2020) menghadirkan segmen sehat di tengah pandemi, tempat Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis saat Anda ragu untuk ke rumah sakit karena pandemi.

Kali ini ada Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, Dokter Annita Florence, yang akan menjawab pertanyaan yang dikirimkan oleh sahabat KompasTV.

@fafaroida_capricorn : pagi dokter. orang tua saya usia 56 tahun. tiap minum air selalu batuk dan itu sudah terjadi hampir 5 bulan. sempat diberi obat dan agak mendingan, tetapi obatnya habis dan batuknya kambuh lagi. orang tua saya punya riwayat parkinson. kira kira sakit apa ya dok? dan bagaimana cara penanganannya dok yang bisa dilakukan dirumah? terima kasih.

Dokter Annita Florence menjelaskan ketika seseorang sedang melakukan aktivitas minum air, maka ada sebagian air yang nyasar masuk ke saluran napas.

Maka ketika batuk, tubuh sedang melakukan mekanise proteksi jalan napas untuk mencegah jangan sampai cairan minuman tersebut masuk ke saluran napas.

"Waktu kita menelan itu, saluran napas bersinergi dengan otot-otot menelan, itu mekanisme yang normal," jelas Annita.

Namun berbeda dengan seseorang yang memiliki riwayat penyakit parkinson, lanjut Annita, ada gangguan koordinasi antara otot yang bekerja untuk menutup saluran napas ketika seseorang sedang minum.

Annita mengatakan ada solusi untuk hal ini diantaranya, yakni melakukan penilaian untuk melihat fase menelan di bagian mulut dan tenggorokan, serta rehabilitasi menelan.

"Rehabilitasi menelan tentu saja kita lakukan sesuai dengan assesment fase-fase mana saja yang terganggu. Karena fasenya mungkin dari oral juga terganggu," lanjutnya.

Pertanyaan bisa Anda kirimkan melalui Instagram di @sapaindonesia_kompastv, serta melalui live interaktif melalui telepon 021 5366 0500.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x