Kompas TV nasional berita kompas tv

Status Merapi Naik Jadi Siaga, Ini Penjelasan Ganjar Pranowo Terkait Kondisi Warga di Pengungsian

Kompas.tv - 6 November 2020, 23:45 WIB

KOMPAS.TV - Warga 2 desa di lereng gunung merapi wilayah Magelang, Jawa Tengah, mulai diungsikan hari ini. Tindakan ini mengantisipasi status siaga Gunung Merapi.

Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah melakukan evakuasi terhadap warga yang tinggal di lereng Gunung Merapi.

Evakuasi difokuskan dari desa atau dusun yang berada dalam radius zona bahaya 5 kilometer dari Puncak Gunung Merapi.Jumlah warga yang dievakuasi sebanyak 199 orang dari 2 desa, yang terdiri dari kaum lansia, ibu hamil dan menyusui, serta orang dengan kebutuhan khusus.

Pemerintah kabupaten sleman mulai menyiapkan sejumlah barak pengungsi. Salah satunya di Balai Desa Glagaharjo di Kecamatan Cangkringan.

Ruang serba guna dengan kapasitas 300 orang, nantinya akan dijadikan barak pengungsi untuk maksimal 150 orang.

Sementara Itu, Pemerintah Kabupaten Sleman menutup seluruh kawasan wisata yang berada dalam radius bahaya 5 kilometer. Penutupan ini pun direspons pedagang dengan memindahkan barang-barangnya ke tempat aman.

Seluruh pintu masuk ke obyek wisata yang ditutup, kini dijaga oleh aparat polri dan tni. Seluruh wisatawan yang datang diminta putar balik tanpa kecuali.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, jumat sore (06/11/2020) mengunjungi posko pengungsian di Magelang, Jawa Tengah.

Ganjar meminta kepada kabupaten di sekitar Gunung Merapi untuk bersiap terhadap segala kemungkinan yang terjadi.

Sementara warga yang masih tinggal di rumah masing-masing diimbau untuk selalu waspada dan mengikuti instruksi dari instansi terkait.
 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x