Kompas TV nasional sapa indonesia

GSP Diperpanjang, Pakar: Tujuan Trump Supaya Indonesia dan China Tidak Terlalu Dekat

Kompas.tv - 4 November 2020, 23:30 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Amerika Serikat (AS) memperpanjang fasilitas Generalized System of Preference (GSP) yang dinilai sebagai indikator kepercayaan Pemerintah AS terhadap berbagai perbaikan regulasi domestik yang dilakukan Pemerintah Indonesia. 

Pakar Hukum Internasional Universitas Jenderal Achmad Yani Hikmahanto Juwana berpendapat jika GSP yang diberikan oleh Donal Trump ialah untuk menjaga jarak antara China dan Indonesia.

“Donald Trump sebenarnya memberikan GSP itu untuk supaya Indonesia tidak terlalu dekat dengan China,” tutur Juwana saat dihubungi KompasTV, Rabu (4/11/2020).

Terkait siapapun yang menang dalam Pilpres Amerika Serikat, Juwana mengatakan jika Indonesia tetap akan bekerja sama dengan pemerintah AS.

Siapa yang berpeluang menang dalam pemilihan presiden Amerika Serikat kali ini dan apa yang bisa dimanfaatkan Indonesia dari hasil pilpres AS ini?

Untuk membahasnya simak dialog bersama Pakar Hukum Internasional Universitas Jenderal Achmad Yani Hikmahanto Juwana, serta Peneliti Senior Departemen Hubungan Internasional CSIS, Evan Laksmana.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x