Kompas TV nasional peristiwa

Penjelasan BMKG Soal Hujan Es di Kota dan Kabupaten Bogor

Kompas.tv - 24 September 2020, 00:57 WIB
penjelasan-bmkg-soal-hujan-es-di-kota-dan-kabupaten-bogor
Butiran es saat hujan di turun di kawasan Bogor, Rabu (23/9/2020). (Sumber: Kompas.com/Afdhalul Ikhsan)
Penulis : Desy Hartini

BOGOR, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi Citeko, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menyatakan bahwa hujan es telah terjadi di beberapa kecamatan di Kota dan Kabupaten Bogor.

"(Terjadi di) tujuh kecamatan di Kabupaten Bogor, sedangkan Kota Bogor terjadi di 5 kecamatan," ungkap Kepala Stasiun Meteorologi Citeko, Bogor, Asep Firman Ilahi, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (23/9/2020) malam.

Baca Juga: Hujan Es dan Angin Kencang Melanda Sebagian Wilayah Bogor

Asep menyebut bahwa fenomena hujan es tersebut baru pertama kali terjadi dengan cakupan luas di sejumlah wilayah.

Menurut Asep, pertumbuhannya sangat masif meski secara historis hujan es sering terjadi di wilayah Bogor karena faktor orografis yang menyebabkan awan Comulunimbus sangat berpotensi tumbuh.

"Tapi baru sekarang skala pertumbuhan di wilayah yang terdampak hujan es begitu luas dan masif. Jadi ya ini bisa dibilang yang pertama terjadi karena meliputi area yang cukup luas (12 kecamatan)," ujar dia.

Diketahui hujan lebat disertai butiran es terjadi di sejumlah kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (23/9/2020) sore.

Baca Juga: Hujan Es dan Angin Kencang di Sukabumi, Warga Kaget Belum Pernah Terjadi

Hal itu sempat dirasakan oleh seorang warga Kecamatan Rancabungur bernama Yuli (28).

Yuli mengungkapkan bahwa hujan es terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Es yang jatuh dari langit berbentuk butiran seukuran kelereng kecil itu berlangsung sekitar 15 menit.

"Iya tadi sore jelang Maghrib, (hujan es) bersamaan sama hujan dan berlangsung sebentar cuman 15 menitan," kata Yuli saat dihubungi Kompas.com, Rabu (23/9/2020). 

#HujanEs #Bogor #JawaBarat



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x