Kompas TV nasional peristiwa

Terancam Kena Banjir 50 Kepala Keluarga di 3 RT Terpaksa Mengungsi

Kompas.tv - 22 September 2020, 13:38 WIB
terancam-kena-banjir-50-kepala-keluarga-di-3-rt-terpaksa-mengungsi
Ilustrasi konsisi ketinggian air di Bendung Katulampa yang mengalami peningkatan. (Sumber: KOMPAS.COM/RAMDHAN TRIYADI BEMPAH)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 50 kepala keluarga di tiga Rukun Tetangga (RT) Kelurahan Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan harus mengunggsi lantaran status Bendungan Katulampa siaga satu pada Senin (21/9/2020).

Lurah Rawajati Rudi Budianto menjelaskan para warga yang mengungsi tersebut berada persis di kawasan Kali Ciliwung.

Warga mulai mengungsi pada Senin malam lantaran air sudah masuk kepemukiman dengan ketinggian 30 sampai 40 sentimeter.

Baca Juga: Waspada Banjir! Bendung Katulampa Siaga 1, Bima Arya Koordinasikan dengan Anies Baswedan

 “Kami imbau mengungsi karena Bendung Katulampa siaga 1. Karena kondisi Katulampa serius di sana, ayo yang punya balita, anak-anak, lansia segera pindah,” ujar Rudi, Selasa (22/9/2020).

Adapun tempat pengungsian di Rawa Jati bertempat di PT Delta Laras Wisata RW 07 Kelurahan Rawajati; Puskesmas Rawajati 2 di RW 07 Kelurahan Rawajati; dan halaman rumah dinas RW 07 di Kelurahan Rawajati.

Aliran air dari Bendung Katulampa tiba di Rawa Jati pada Selasa (22/9/2020) pukul 02.30 WIB. Rudi mengatakan, genangan surut pada pukul 04.30 WIB.

Sebelumnya, Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat berstatus siaga 1 dengan tinggi muka air (TMA) mencapai 240 sentimeter pada pukul 18.00 WIB.

Baca Juga: Terjang Banjir, Seorang Ibu Berhasil Selamatkan 5 Anak yang Terjebak Banjir

Hal tersebut dikarenakan wilayah Bogor, Jawa Barat diguyur hujan deras. Data itu dirilis oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bogor Jawa Barat.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x