Kompas TV nasional berita kompas tv

Meraih Kesuksesan dengan Berternak Burung

Kompas.tv - 7 Agustus 2017, 23:50 WIB
Penulis : Desy Hartini

Berawal dari hobi, seorang warga Kota Pekalongan, Jawa Tengah, kini sukses menangkar burung murai batu. Selain dikenal sukses menangkarkan murai batu, penangkar burung ini juga menjadi rujukan sejumlah kolektor burung di Indonesia.

Suara burung murai batu dari Medan yang dinamai Rosi ini selalu terdengar di sekitar rumah Mahbub Junaedi, warga Jalan Pasundan Perum Gama Permai, Kota Pekalongan. Harga burung murai ini sudah ditawar hingga Rp 80 juta oleh warga.

Junaedi sangat dikenal di kalangan penghobi burung terutama jenis murai batu karena kesuksesannya mengembangbiakkan burung ini. Selain dikenal sukses menangkarkan murai batu, Junaedi juga menjadi rujukan sejumlah kolektor murai batu di Indonesia.

Sebelum menekuni penangkaran murai batu seperti sekarang, Junaedi mengaku dulu sempat juga sukses menangkar burung lovebird yang sempat ngetren dan banyak diminati masyarakat.

Menurut Junaedi, menangkarkan burung murai batu tidak terlalu sulit. Makanan dari burung murai pun sangat mudah yaitu hanya ulat dan jangkrik. Setiap kali mengikuti perlombaan kicau burung, Juanedi selalu menang hingga sejumlah piala penghargaanpun diraihnya.

Junaedi mengungkapkan, harga termurah dari bibit unggulan murai batu mulai dari Rp 2,5 juta hingga Rp 80an juta. Rata-rata peminat burung ini berasal dari kota-kota besar di Indonesia, seperti, Makassar, Pontianak, Jakarta, Bandung, Cirebon, dan Surabaya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x