Kompas TV nasional sosial

Bisa Tingkatkan Imunitas, Satgas Covid-19 Dukung Rencana Pemprov DKI Buka Bioskop

Kompas.tv - 26 Agustus 2020, 22:01 WIB
bisa-tingkatkan-imunitas-satgas-covid-19-dukung-rencana-pemprov-dki-buka-bioskop
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. (Sumber: Dok BNPB)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV – Satuan tugas penanganan Covid-19 mendukung rencana Pemprov DKI yang ingin membuka bioskop.

Juru Bicara Satgas penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menilai bioskop dan cinema dapat memberi kontribusi untuk meningkatkan imunitas masyarakat.

Satgas Covid-19 bersama tim pakar telah melakukan kajian mengenai aspek kesehatan sosial, ekonomi sebelum pembukaan bioskop dilakukan.

Baca Juga: Menparekraf Wishnutama Sebut Bioskop Dibuka Lagi di Tengah Pandemi Geliatkan Dunia Perfilman

Menurut Wiku, bioskop dapat menjadi tempat hiburan masyarakat. Dengan terhibur dan bahagia maka imunitas dapat meningkat.

“Bioskop dan cinema memiliki karakteristik dan kontribusi penting, terutama dalam memberikan hiburan kepada masyarakat, karena imunitas masyarakat juga bisa meningkat karena bahagia atau suasana mental atau fisik dari para penonton dan masyarakatnya ditingkatkan,” ujar Wiku saat jumpa pers secara virtual, Rabu (26/8/2020).

Meski memberi izin untuk pembukaan bioskop, Satgas Covid-19 menegaskatn tidak semua bioskop dapat dibuka karena perlu persiapan dan perhitungan matang.

Semisal, persiapan protokol kesehatan yang dilakukan dalam pembukaan bioskop petugas yang memantau protokol kesehatan di bioskop.

Baca Juga: Anies Umumkan Bioskop di Jakarta Akan Kembali Buka dengan Protokol Kesehatan Ketat!

Menurut Wiku, Pemprov harus memperhatikan antrean penonton saat masuk dan keluar bioskop, penerapan jarak antara penonton serta menekan kontak antar pengunjung.

Kemudian rekomendasi dari Satgas Covid-19 terkait pengunjung bioskop dengan usia rentang di atas 12 tahun dan di bawah 60 tahun. Serta tidak memiliki penyakit penyerta, seperti jantung, kencing manis, paru-paru, ginjal atau penyakit imunitas rendah lainnya.

Selanjutnya aturan tidak boleh makan dan minum dan selalu menggunakan masker dari sejak awal hingga selesai.

Pembatasan waktu di dalam ruangan bioskop dijaga tidak lebih dari dua jam dan pemesanan tiket tidak dilakukan secara fisik melainkan secara daring agar mempermudah pengecekan data untuk keperluan tracing apabila ditemukan kasus.

Baca Juga: Bioskop Dibuka, Karena Tingkatkan Imunitas, Ini Penjelasannya

"Demikian pula kesiapan dari penyelenggara, mereka harus dilatih dengan baik supaya dapat betul-betul memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan ketat dan tertib selama dalam proses pembukaan bioskop,” ujar Wiku. Dikutip dari Antara.

Wiku menambahkan jika ketentuan persiapan dapat dipenuhi, pembukaan bioskop dapat terpenuhi.

Satgas Covid-19 juga meminta kerja sama masyarakat untuk menerapkan protokol yang berlaku saat menonton bioskop sehingga risiko penularan dapat dihindari.

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x