Kompas TV nasional sosial

Upacara HUT ke-75 RI, Naskah Asli Teks Proklamasi Akan Dikeluarkan

Kompas.tv - 16 Agustus 2020, 17:15 WIB
upacara-hut-ke-75-ri-naskah-asli-teks-proklamasi-akan-dikeluarkan
Penyerahan Teks Asli Proklamasi dari ANRI ke Sekretariat Presiden. (Sumber: Dok Setpres)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Naskah asli teks proklamasi dengan tulisan tangan Proklamator Ir Soekarno sudah puluhan tahun lamanya tidak pernah dikeluarkan dalam Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selama ini naskah bersejarah tersebut tersimpan dan dirawat di Arsip Negara Republik Indonesia (ANRI).

Besok, Senin (17/8/2020), pemerintah akan mengeluarkan naskah asli tersebut dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka.

"Besok kita tampilkan di mimbar kehormatan," ujar Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden, Rika Kiswardani, dalam ketarangan tertulis, Minggu (16/8/2020).

Baca Juga: Inilah Makna dari Logo HUT RI pada Tahun Ini

Pada hari ini ANRI telah menyerahkan Teks Asli Proklamasi kepada Sekretariat Presiden di Gedung O, Kompleks ANRI, Jakarta Selatan.

Proses serah terima dilakukan oleh Direktur Preservasi, Deputi Konservasi Arsip ANRI, Kandar, kepada Kepala Biro Umum, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden, Yudhi Wijayanto.

Penyerahan itu disaksikan oleh Plt Kepala ANRI Taufik, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden Rika Kiswardani, dan Plt Deputi Konservasi Arsip ANRI Multi Siswati.

Setelah dilakukan serah terima, naskah asli Teks Proklamasi tersebut akan dibawa dari depot penyimpanan arsip statis ANRI menuju Istana oleh Sekretariat Presiden.

Dokumen bersejarah tersebut selanjutnya akan diserahkan kembali kepada ANRI pada tanggal 18 Agustus 2020 mendatang untuk mendapatkan penyimpanan dan perawatan terbaik.

"Insyaallah tanggal 18 Agustus akan kami serahkan kembali untuk mendapatkan perawatan terbaik di ANRI. Mudah-mudahan kita bisa jadi saksi dan pelaku sejarah karena peringatan hari ulang tahun kemerdekaan tahun ini berbeda," ucap Rika.

Baca Juga: Peringati HUT ke-75 RI, Bank Indonesia Keluarkan Seri Rupiah Khusus

Catatan Sejarah Teks Proklamasi
Teks Asli Proklamasi disimpan dan dirawat oleh ANRI sejak 1992 silam.

Dalam catatan sejarah, naskah tersebut diselamatkan dan disimpan oleh BM Diah, seorang tokoh pers dan pejuang kemerdekaan, kemudian diserahkan kepada Presiden Kedua Republik Indonesia Soeharto. 

Teks proklamasi yang kemudian di bawah penguasaan Istana, kemudian diserahkan Menteri Sekretaris Negara saat itu, Moerdiono, ke ANRI pada tahun 1992.

Sejak saat itu, ANRI menyimpan naskah asli Teks Proklamasi yang bertulis tangan Sang Proklamator dan Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x