Kompas TV nasional update

Inilah Makna dari Logo HUT RI pada Tahun Ini

Kompas.tv - 16 Agustus 2020, 14:06 WIB
inilah-makna-dari-logo-hut-ri-pada-tahun-ini
Logo HUT ke-75 RI (Sumber: Dok Setneg)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tahun ini Republik Indonesia (RI) merayakan HUT ke-75. Untuk memperingatinya, pemerintah menetapkan tema dan logo HUT RI untuk tahun ini.

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara No.456 Tahun 2020, pemerintah menetapkan tema dan logo untuk digunakan dalam peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Tahun ini, tema besar yang diusung adalah Indonesia Maju. Sementara logo tahun ini dinamakan, Bangga Buatan Indonesia.

Berikut rincian tema dan logo yang diusung pemerintah untuk HUT RI tahun ini.

Latar Belakang
Tahun 2019 adalah tahun pertama di periode pemerintahan Joko Widodo dan Maruf Amin (Kabinet Indonesia Maju) sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

Pembuatan Logo HUT ke-75 RI memiliki Relevansi dengen tujuan di periode baru yang baru ini yaitu, pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia, penciptaan lapangan kerja, serta pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Guna menciptakan kesatuan bagi seluruh rakyat Indonesia dan juga sebagai fondasi bagi negara untuk bisa menghadapi persaingan global.

Baca Juga: Jelang HUT RI, Spanduk Habib Rizieq Shihab Bertebaran, Ada Apa?

Tema Besar
Indonesia Maju adalah sebuah representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebuah simbolisasi dari Indonesia yang mampu untuk memperkokoh kedaulatan, persatuan dan kesatuan Indonesia.

Makna kemerdekaan saat ini bukan hanya sebagai kata, kemerdekaan adalah kesempatan. Kesempatan untuk bermimpi hingga jadi nyata dan kesempatan untuk berkarya tanpa batas.

Sekarang saatnya kita fokus kepada hal yang benar-benar penting dalam menyatukan keberagaman melalui kolaborasi untuk memperkenalkan jati diri bangsa Indonesia.

Makna Logo 
Terinspirasi dari simbol perisai di dalam lambang Garuda Pancasila.

Logo ini menggambarkan Indonesia sebagai negara yang mampu memperkokoh kedaulatan, menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Logo Kemerdekaan ke-75 RI tahun ini menyimbolkan arti dari kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia, dan progres nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil yang terbaik kepada semua rakyat Indonesia.

Baca Juga: Jokowi: Jangan Merasa Paling Agamis dan Pancasilais

Filosofi Logo
Logo Bangga Buatan Indonesia meliputi gabungan dari logogram dan logotype dengan sentuhan modern, terlihat dalam bentuk huruf-huruf dan sederhana secara keseluruhan.

Logogram, digunakan untuk menunjukkan cinta terhadap produk lokal Indonesia. Juga menggambarkan perasaan bangga terhadap produk lokal Indonesia, sekaligus menunjukkan kesatuan sebagai satu Indonesia.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x