Kompas TV lifestyle kesehatan

Kaya Serat dan Protein, Ini 7 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan

Kompas.tv - 23 Mei 2024, 13:42 WIB
kaya-serat-dan-protein-ini-7-manfaat-kacang-hijau-untuk-kesehatan
Ilustrasi. Kacang hijau kaya akan protein, serat, dan mineral lainnya yang baik untuk kesehatan. (Sumber: Pixabay/PDPIC)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kacang hijau atau Vigna radiata adalah jenis kacang-kacangan yang masuk dalam keluarga Leguminosae. Kacang hijau memiliki berbagai nutrisi dan mineral yang dapat mendukung kesehatan tubuh.

Kacang hijau juga tidak memiliki efek samping serius jika dikonsumsi terlalu banyak. Dilansir Healthline, kacang hijau kaya akan protein, serat, dan mineral lainnya yang baik untuk kesehatan.

Bahan makanan ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan menurunkan gula darah.

Berikut 7 manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Harga Kacang Hijau Impor Naik, Produsen Tauge Kurangi Produksi

1.  Mencegah lonjakan gula darah

Salah satu manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh adalah mencegah gula darah tinggi. Minum air rebusan kacang hijau dapat membantu sel-sel tubuh menyerap glukosa dan menurunkan resistensi insulin.

Selain itu, kacang hijau memiliki kandungan serat dan polisakarida, sehingga mampu mencegah peningkatan kadar gula darah setelah makan.

2. Menurunkan kolesterol

Kacang hijau kaya akan kandungan serat dan fitosterol. Kedua senyawa ini dapat membantu tubuh untuk menyeimbangkan produksi dan penyerapan kolesterol.

Bahkan, makan kacang hijau setiap hari secara teratur sudah terbukti dapat menurunkan kolesterol total, trigliserida, dan lipoprotein, sehingga kesehatan jantung akan terjaga.

3. Melindungi liver

Kacang hijau juga dapat melindungi liver. Racun dari makanan yang dikonsumsi, minuman beralkohol, virus, dan penyakit autoimun kerap merusak liver atau hati.



Sumber : Healthline



BERITA LAINNYA



Close Ads x