Kompas TV lifestyle kesehatan

Kenali Tanda-tanda Tumor Otak pada Anak-Anak

Kompas.tv - 30 Mei 2024, 00:29 WIB
kenali-tanda-tanda-tumor-otak-pada-anak-anak
Ilustrasi pusing, sakit kepala pada anak-anak (Sumber: Shutterstock/Kompas.com)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor :

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketika seorang anak menderita tumor otak, diagnosis dini sangatlah penting. Mengutip Mayo Clinic, tumor otak bisa terjadi pada usia anak berapa saja, tetapi lebih sering terjadi pada mereka yang berusia kurang dari lima tahun.

Faktor risiko umum yang menyebabkan tumor otak pada anak-anak adalah paparan radiasi, sistem kekebalan tubuh yang lemah, atau mereka memiliki gangguan genetik (seperti neurofibromatosis 1, neurofibromatosis 2, dan tuberous sclerosis).

Lantas, apa itu tumor otak?

Tumor otak adalah pertumbuhan sel abnormal yang dimulai di dalam atau dekat otak. Massa yang tumbuh yang disebut tumor ini dapat menekan otak terdekat.

Baca Juga: Lapor ke Pihak Berwajib, Isa Bajaj Pastikan Polisi Sudah Olah TKP Kasus Anaknya Ditendang Pria

Hal inilah yang kemudian akan menimbulkan gejala penyakit. Untuk diagnosis dini dapat dilakukan penyedia layanan kesehatan, orantua lebih dahulu perlu mengetahui hal-hal yang bisa menjadi tanda tumor otak pada anak.

Berikut tanda-tanda tumor otak pada anak yang umum muncul. Apa saja tanda peringatan tumor otak pada anak?

Alan Cohen, MD, direktur bedah saraf pediatrik di Johns Hopkins Children’s Center yang dikutip dari Johns Hopkins Medicine menyebutkan beberapa gejala peringatan tumor otak pada anak yang umum muncul sebagai berikut:

Sakit kepala

Banyak anak dengan tumor otak mengalami sakit kepala sebelum didiagnosis. Namun banyak anak yang mengalami sakit kepala, dan kebanyakan dari mereka tidak menderita tumor otak. Satu tanda bahaya yang harus diwaspadai adalah sakit kepala yang semakin parah di pagi hari.

Hal ini disebabkan karena tekanan di otak meningkat saat penderitanya berbaring, dan tumor dapat memperburuk sakit kepala.

Baca Juga: Putri Isa Bajaj Jadi Korban Kekerasan, Ditendang oleh Pria hingga Kemaluan Berdarah

Mual dan muntah

Mual dan muntah adalah dua tanda umum penyakit flu. Namun dalam kasus yang jarang terjadi, gejala ini bisa jadi disebabkan oleh tumor otak yang meningkatkan tekanan di dalam otak. Jika mual dan muntah terus berlanjut atau muncul bersamaan dengan sakit kepala, Anda harus memeriksakan anak ke dokter untuk mendapatkan diagnosis sedini mungkin dari ahli medis.

Mengantuk

Anak yang mengantuk biasanya tidak perlu dikhawatirkan, tetapi terkadang bisa mengarah sebagai gejala tumor otak. Ini jika anak Anda terlihat lesu dan sangat mengantuk tanpa alasan yang jelas, segera periksakan kondisinya ke dokter.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x