Kompas TV lifestyle kesehatan

Mengenal Anxiety Dream, Mimpi Buruk yang Dapat Picu Kecemasan

Kompas.tv - 22 April 2024, 19:00 WIB
mengenal-anxiety-dream-mimpi-buruk-yang-dapat-picu-kecemasan
Ilustrasi mimpi buruk. (Sumber: Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Mimpi merupakan salah satu jendela menuju ke alam bawah sadar seseorang yang terkadang menghadirkan pengalaman yang menyenangkan. Mimpi juga bisa menjadi sumber kecemasan seseorang, hal ini disebut sebagai anxiety dream.

Anxiety dream adalah mimpi buruk yang disebabkan oleh kecemasan. Apabila terjadi secara terus menerus, mimpi buruk tersebut tidak hanya berdampak pada kesehatan mental, tetapi juga fisik seseorang.

Dikutip dari laman Healthline, anxiety dream adalah istilah informal yang digunakan untuk menggambarkan mimpi buruk yang memicu ketidaknyamanan dan kegelisahan. Berbeda dengan mimpi buruk biasa, anxiety dream biasanya tidak akan membuat seseorang langsung terbangun tetapi bisa memberi efek yang berkepanjangan pada suasana hati seseorang.

Baca Juga: Mimpi Buruk Beda Pilihan Politik | NILUH FULL

Selain bisa mengganggu tidur, mimpi jenis ini juga bisa memicu stres dan kecemasan di pagi hari. Tak jarang, anxiety dream juga akan memicu perasaan khawatir jika ada sesuatu buruk terjadi pada diri sendiri, sehingga, bisa berdampak pada produktivitas.

Tidak diketahui penyebab pasti hal ini, namun ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terjadinya hal ini. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa orang dengan tingkat stres, PTSD, atau gangguan kecemasan yang tinggi lebih cenderung mengalami anxiety dream.

Insomnia atau gangguan tidur lain dan penggunaan zat tertentu termasuk alkohol bisa tingkatkan risiko anxiety dream. Hal tersebut disebabkan karena otak akan tetap aktif saat tidur.

Anxiety dream dapat membuat seseorang mengalami kecemasan hingga serangan panik malam hari, takut tidur, serta insomnia. Meskipun tidak bisa mengendalikan mimpi, menurunkan tingkat stres dapat menjadi salah satu cara yang bisa kurangi frekuensi dan intensitas anxiety dream.

Baca Juga: Bharada E Akui Alami Mimpi Buruk selama 3 Minggu, Kenali Penyebab dan Cara Mencegahnya

Selain itu, menjaga kebersihan tempat tidur, mengatur jadwal tidur, serta kembali tidur sesaat setelah alami mimpi buruk juga bisa menjadi tips sederhana untuk mengatasi anxiety dream.


 




Sumber : Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x