Kompas TV lifestyle tren

Mudah Dilakukan, Ini Olahraga Tepat untuk Membakar Kalori Setelah Libur Lebaran

Kompas.tv - 12 April 2024, 13:00 WIB
mudah-dilakukan-ini-olahraga-tepat-untuk-membakar-kalori-setelah-libur-lebaran
Ilustrasi berjalan kaki. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Libur Idulfitri kerap menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang ingin menjaga berat badan. Konsumsi makanan tinggi kalori seperti olahan daging, kue kering, dan minuman manis selama Lebaran dapat menyebabkan peningkatan berat badan yang tidak diinginkan.

Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan setelah Lebaran untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan.

Baca Juga: Mobil Mewah Terguling serta Keluarkan Asap Usai Tabrak Pohon dan Kendaraan Lain

Sebagaimana dikutip dari Healthline, terdapat empat jenis kegiatan fisik yang layak dipertimbangkan setelah periode Lebaran untuk membantu menurunkan berat badan.

Dengan memilih salah satu atau beberapa dari jenis olahraga ini setelah Lebaran, seseorang dapat memulai perjalanan penurunan berat badan yang sehat dan berkelanjutan, sambil menikmati manfaat kesehatan menyeluruh yang ditawarkan oleh aktivitas fisik yang teratur.

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG Waspada Hujan Lebat, Petir, dan Angin Kencang di Sejumlah Wilayah Hari Ini

1. Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan aktivitas fisik sederhana yang dapat Anda lakukan setelah libur Lebaran. Mulailah dengan berjalan kaki selama 15-30 menit setiap hari atau 3-4 kali dalam seminggu. Anda dapat meningkatkan durasi dan intensitas sesuai dengan kemampuan Anda.

2. Jogging atau Lari

Jogging atau lari adalah pilihan olahraga yang efektif untuk membakar kalori dan mengurangi lemak visceral atau lemak perut yang menyebabkan tubuh terlihat buncit. Menurut American Council on Exercise (ACE), jogging atau lari dapat membakar sekitar 10,8-13,2 kalori per menit pada orang dengan berat badan 65 kg. Anda dapat memulai dengan berlari kecil selama 20-30 menit dalam 3-4 kali seminggu.

Baca Juga: Jadwal Rekayasa Lalu Lintas GT Kalikangkung, Cikampek, Japek Arus Balik Lebaran 2024

3. Bersepeda

Bersepeda tidak hanya menyenangkan, tetapi juga merupakan olahraga yang ramah sendi. Bersepeda secara teratur dapat meningkatkan kebugaran, meningkatkan sensitivitas insulin, dan menurunkan risiko penyakit jantung. Cobalah untuk bersepeda selama 30-60 menit beberapa kali dalam seminggu.

4. Latihan Beban

Latihan beban dapat membantu membangun kekuatan dan meningkatkan pertumbuhan otot, serta mendukung laju metabolisme istirahat atau proses pembakaran kalori saat tubuh sedang tidak melakukan aktivitas apa pun. Anda dapat melakukan latihan beban di rumah tanpa bantuan alat, seperti gerakan plank, push up, dan squat.

Baca Juga: Momen Menangis, Memeluk, Keluarga di Lapas saat Hari Lebaran

Namun, jangan lupa untuk mengombinasikan olahraga dengan pola makan sehat dan gaya hidup aktif lainnya agar berat badan Anda kembali ideal setelah libur Lebaran




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x