Kompas TV lifestyle kesehatan

9 Rempah yang Dapat Bantu Mengurangi Lemak Perut

Kompas.tv - 30 Maret 2024, 02:00 WIB
9-rempah-yang-dapat-bantu-mengurangi-lemak-perut
Ilustrasi perut buncit akibat tumpukan lemak (Sumber: Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Rempah-rempah merupakan salah satu bumbu tradisional yang populer digunakan untuk berbagai masakan. Selain menambahkan cita rasa, ternyata rempah-rempah juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Sejumlah penelitian membuktikan ada beberapa rempah-rempah yang dapat meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh membakar lemak lebih cepat, termasuk lemak di perut. Dikutip dari laman Johns Hopkins Medicine, berikut rempah yang dapat bantu mengurangi lemak perut.

1. Jintan putih

Salah satu rempah yang dapat bantu mengurangi lemak perut adalah jintan putih. Rempah dengan cita rasa pedas ini dapat mempercepat penurunan berat badan dan pembakaran lemak.

Jintan dapat meningkatkan metabolisme, menurunkan kadar kolesterol, dan membantu menurunkan gula darah. Hal ini karena mengandung senyawa aktif thymoquinone yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Baca Juga: Ternyata 5 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Membantu Mengurangi Lemak Perut

Dalam sebuah studi selama tiga bulan menunjukkan, wanita yang mengonsumsi yogurt dengan 3 gram jintan dua kali sehari berhasil kehilangan lebih banyak berat badan dan lemak tubuh.

2. Lada hitam

Lada hitam juga dapat membantu kurangi lemah perut. Lada hitam mengandung senyawa kuat yang disebut piperine serta fitonutrien yang berkontribusi mengurangi lemak tubuh sekaligus meningkatkan metabolisme.

Bahkan jika kesulitan buang air besar atau sembelit, Anda dapat memasukkan lada hitam ke makanan yang disantap setiap hari untuk melancarkan BAB, mengatasi mual, dan gangguan terkait bakteri pencernaan.

3. Jahe

Jahe mengandung senyawa aktif yang disebut gingerol dan shogaol. Senyawa ini dapat merangsang aktivitas biologis dalam tubuh terutama saat diet.

Senyawa utama gingerol membantu menstabilkan gula darah yang menjadi kunci penurunan berat badan. Penelitian lain juga melaporkan bahwa jahe mampu mempercepat laju makanan yang dicerna melalui usus besar.

Selain itu, senyawa antioksidan pada jahe juga bekerja efektif mengendalikan radikal bebas serta anti-inflamasinya yang bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kronis.

5. Oregano



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x