Kompas TV lifestyle kuliner

Alat Masak Kayu Menghitam, Apakah Tetap Layak Pakai?

Kompas.tv - 21 Maret 2024, 15:23 WIB
alat-masak-kayu-menghitam-apakah-tetap-layak-pakai
Alat masak kayu (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Alat masak berbahan kayu pada dasarnya merupakan barang fungsional dan bukan pajangan sehingga harus dipakai setiap hari supaya awet. 

"Semakin sering (alat masak kayu) dipakai, semakin minim risiko jamuran," kata pemilik sekaligus pengelola homLiv, Yudiana Lyn, Selasa, 5 Maret 2024.

Namun, alat masak kayu yang sering digunakan biasanya akan berubah warna menjadi kehitaman. Ini biasanya dapat dilihat dari alat masak yang sering bersentuhan dengan minyak, seperti sutil.

Baca Juga: Petugas Cek Kelayakan Bus Jelang Mudik Lebaran

Lantas, apakah alat masak dari kayu yang sudah menghitam masih layak dipakai?

Menurut Yudiana, alat masak berbahan kayu yang tampak mulai menghitam merupakan kondisi yang normal. Apalagi jika alat masak kayu tersebut sering digunakan.

"Kalau mulai menghitam itu sebenarnya masih aman karena kayu pasti akan punya risiko menghitam," katanya, seperti dikutip Kompas.com.

Tetapi, lain halnya jika alat masak kayu tampak mulai rusak dan berserabut, misalnya di bagian ujung sutil. Jika hal itu terjadi, alat masak kayu tersebut perlu diganti.

Ia melanjutkan, alat masak kayu bukanlah alat masak yang bisa awet selamanya, jadi tetap harus diganti jika kondisinya sudah tidak layak.

Baca Juga: Link Mudik Gratis Pertamina 2024: Ini Cara Daftar, Rute dan Jadwal Keberangkatan Jelang Lebaran

"Dari sisi fungsi, saya sudah tes sekitar tiga tahun masih ada di dapur saya, cuma kondisinya mulai menghitam. Tergantung tiap orang, kalau saya sejauh ini (pemakaian) selama dua tahun masih oke," jelas Yudiana.

Apakah alat masak kayu yang menghitam disebabkan adanya lapisan kimia?

"Pertama memang pastikan beli alat masak kayu yang berkualitas, karena ketika alat masak kayunya bersentuhan dengan suhu tinggi dan kena makanan, dia tidak akan mengeluarkan reaksi kimia. Menghitam pada alat masak itu kondisi normal," bebernya.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x