Kompas TV lifestyle kesehatan

20 Maret Diperingati Sebagai Hari Kesehatan Mulut Sedunia, Ini Sejarah dan Cara Memperingatinya

Kompas.tv - 20 Maret 2024, 04:00 WIB
20-maret-diperingati-sebagai-hari-kesehatan-mulut-sedunia-ini-sejarah-dan-cara-memperingatinya
Ilustrasi. Hari Kesehatan Mulut Sedunia yang diperingati setiap 20 Maret di seluruh dunia. (Sumber: Benzoix on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Tanggal 20 Maret setiap tahunnya, selalu diperingati sebagai Hari Kesehatan Mulut Sedunia yang menginspirasi setiap individu di berbagai penjuru dunia untuk berkomitmen menjaga kesehatan mulut mereka dengan baik.

FDI World Dental Association menyatakan bahwa hampir 4 miliar orang di seluruh dunia terpengaruh oleh penyakit mulut. Salah satu masalah kesehatan mulut yang paling umum terjadi adalah kerusakan gigi yang tidak diobati.

Di seluruh dunia, masalah kesehatan mulut lainnya meliputi penyakit gusi, kanker mulut, dan kehilangan gigi. Data menunjukkan bahwa sekitar 30% dari orang yang berusia antara 65 dan 74 tahun kehilangan gigi asli mereka.

Kondisi kesehatan mulut yang buruk tidak hanya memengaruhi penampilan fisik seseorang, tetapi juga dapat berdampak pada kesejahteraan mental mereka.

Hal ini tentu dapat menyebabkan kecemasan, depresi, dan menurunkan harga diri. Selain itu, masalah kesehatan mulut yang tidak teratasi dapat memengaruhi kinerja di sekolah, di tempat kerja, dan dalam hubungan interpersonal.

Baca Juga: Simak, Ini 5 Manfaat Air Rebusan Daun Sirih untuk Kesehatan Mulut dan Gigi!

Selain berdampak pada penampilan fisik, kebersihan mulut yang buruk dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan serius, termasuk penyakit kardiovaskular, demensia, infeksi kronis, diabetes, komplikasi kehamilan, dan penyakit ginjal. 

Oleh karena itu, peringatan Hari Kesehatan Mulut Sedunia dibuat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya perawatan mulut dalam menjaga kesehatan umum.

Sejarah Hari Kesehatan Mulut Sedunia

Mengutip dari National Day Calendar, pada tahun 2007, Federasi Gigi Sedunia (FDI) meluncurkan Hari Kesehatan Mulut Sedunia.

Perayaan ini awalnya dijadwalkan pada tanggal 12 September, yang juga merupakan tanggal lahir pendiri World Dental Federation (FDI), Dr. Charles Godon.

Baca Juga: 5 Cara Cegah Sakit Gigi, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Mulut

Melalui peringatan ini, FDI bertujuan untuk meningkatkan kesadaran global tentang pentingnya kesehatan mulut dan mendorong tindakan untuk meningkatkan perawatan mulut di seluruh dunia.

Pada tahun 2013, untuk menghindari konflik dengan FDI World Dental Congress yang diadakan pada bulan September, tanggal peringatan Hari Kesehatan Mulut Sedunia diubah menjadi 20 Maret.

Pemilihan tanggal ini mencerminkan pentingnya angka 20 dalam konteks kesehatan mulut.

Menurut standar kesehatan, lansia diharapkan memiliki minimal 20 gigi asli di akhir hidupnya agar dianggap sehat, sementara anak-anak seharusnya memiliki 20 gigi susu untuk menjaga kesehatan mulut mereka.

Cara Memperingati Hari Kesehatan Mulut Sedunia

Cara terbaik untuk memperingati Hari Kesehatan Mulut Sedunia adalah dengan berkomitmen untuk menjaga kesehatan mulut sendiri, atau melakukan beberapa cara lain ini.

  1. Buatlah kegiatan gerakan sikat gigi dan mengedukasi orang-orang terdekat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersihan mulut.
  2. Jadwalkan pemeriksaan gigi secara rutin untuk memastikan kesehatan mulut tetap terjaga.
  3. Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana kesehatan mulut dapat berhubungan dengan kesehatan secara keseluruhan.
  4. Luangkan waktu untuk mengucapkan terima kasih kepada tim dokter gigi sebagai bentuk menghargai atas peran mereka yang telah membantu menjaga kesehatan mulut pasien dengan baik.

Baca Juga: Buruknya Kesehatan Mulut Bisa Sebabkan 5 Penyakit Berbahaya, Jantung hingga Ginjal


 



Sumber : National Day Calendar


BERITA LAINNYA



Close Ads x