Kompas TV lifestyle kesehatan

Kenali Efek Samping Minum Kopi saat Sahur

Kompas.tv - 13 Maret 2024, 02:00 WIB
kenali-efek-samping-minum-kopi-saat-sahur
Ilustrasi kopi latte. (Sumber: Taylor Franz/Unsplash Via Oddity Central)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi pencinta kopi tampaknya sulit untuk tidak ngopi seharian. Nah di bulan puasa, apakah boleh minum kopi ketika sahur?

Ternyata, Anda diimbau untuk tidak minum kopi saat sahur karena dapat membuat tubuh kekurangan cairan sehingga risiko dehidrasi meningkat.

Ternyata, kebiasaan minum kopi saat sahur perlu dihindari. Dilansir dari Antara News, Jumat (24/4/2020), Dokter Spesialis Gizi Klinis, dr. Raissa E. Djuanda, MGizi, SpGK, AIFO-K, menyebutkan bahwa minum kopi saat sahur dapat meningkatkan risiko dehidrasi.

Baca Juga: KSOP Kelas II Kendari Lakukan Pengecekan Alat Keselamatan Kapal Jelang Mudik Lebaran

"Pasalnya, kopi bersifat diuretik sehingga tubuh akan mengeluarkan lebih banyak cairan lewat urine,"

"Akibatnya, cairan tubuh akan berkurang lebih banyak saat puasa dan menyebabkan dehidrasi. Minum air putih menjadi pilihan terbaik saat sahur karena dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan menghindarkan dari risiko dehidrasi," bebernya.

Kapan waktu minum kopi saat puasa? Minum kopi saat sahur tidak disarankan karena dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi.

Namun, kebiasaan minum kopi saat buka puasa juga perlu dihindari.

Dr. Rita Ramayulis, DCN, M. Kes, menyebutkan bahwa minum kopi tidak bisa sembarangan saat berpuasa ataupun ketika berbuka puasa karena dapat memengaruhi kesehatan. 

Ketua Indonesia Asosiasi Ahli Gizi Olahraga (ISNA) ini, juga menambahkan bahwa minum kopi saat sahur dapat meningkatkan risiko dehidrasi, dan minum kopi saat buka puasa dapat meningkatkan asam lambung.

Lalu, kapan waktu minum kopi saat puasa?

"Anda yang tetap ingin minum kopi saat puasa disarankan untuk mengonsumsinya sekitar satu hingga dua jam setelah berbuka puasa,"

"Minum kopi di jam ini lebih baik karena lambung sudah lebih siap dan tidak akan mengalami peningkatan asam lambung. Namun, Anda diimbau tidak minum kopi terlalu larut karena dapat menurunkan kualitas tidur di malam hari," ungkapnya.

Baca Juga: Serangan Israel Meratakan Permukiman Kamp Jabaliya di Gaza, 6 Orang Terluka

Selain itu, asupan kopi yang disarankan saat puasa adalah sekitar satu hingga dua cangkir saja dengan kadar kafein 50-200 miligram untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan, termasuk insomnia.


 

Dengan memahami penjelasan mengenai apakah boleh minum kopi ketika sahur di atas, Anda bisa mulai menghentikan kebiasaan ini untuk menghindari efek sampingnya.

Anda juga diimbau untuk minum air putih yang cukup, atau sekitar delapan gelas, agar terhindar dari risiko dehidrasi.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x