Kompas TV lifestyle kesehatan

7 Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan, Tingkatkan Imun hingga Cegah Kanker

Kompas.tv - 1 Maret 2024, 19:00 WIB
7-manfaat-ubi-ungu-untuk-kesehatan-tingkatkan-imun-hingga-cegah-kanker
Ubi ungu ternyata punya segudang manfaat untuk kesehatan. (Sumber: jcomp on Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ubi ungu atau Ipomoea batatas merupakan salah satu jenis ubi jalar yang memiliki warna ungu khas dan kaya akan nutrisi.

Dilansir laman Eating Well, warna ungu pada ubi ini berasal dari antosianin, senyawa antioksidan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Selain dagingnya, kulit ubi ungu juga mengandung beta karoten yang tinggi. Beta karoten adalah nutrisi yang diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. 

Fitokimia ini berperan dalam meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mencegah penyakit. Tak hanya itu, ubi ungu telah terbukti dapat mengatur metabolisme dan meningkatkan fungsi jantung. 

Baca Juga: Resep Kue Mangkok Gula Merah dan Ubi Ungu, Dijamin Mekar!

Makan makanan yang seimbang dengan ubi ungu dapat membantu mengontrol berat badan dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan

Berikut manfaat ubi ungu untuk kesehatan yang dikutip dari laman Healthline.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ubi ungu kaya akan vitamin A dan C, yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A membantu tubuh melawan infeksi, sedangkan vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih.

2. Melindungi Tubuh dari Toksisitas Logam Berat

Ubi ungu mengandung antosianin dan beta karoten yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat paparan logam berat seperti merkuri dan timbal.

3. Menjaga Keseimbangan Gula Darah

Ubi ungu memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah secara drastis. Hal ini bermanfaat bagi penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darahnya tetap stabil.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Antosianin dalam ubi ungu memiliki sifat antioksidan dan antikanker yang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga: Gurih dan Legit! 3 Resep Olahan Jajanan Tradisional dengan Ubi Ungu si Kaya Antioksidan

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Ubi ungu kaya akan serat yang membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga membantu menjaga kesehatan usus dan meningkatkan jumlah bakteri baik dalam pencernaan.

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Ubi ungu kaya akan vitamin A yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A membantu mencegah penyakit mata degeneratif seperti rabun senja dan katarak.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Ubi ungu mengandung kalium yang membantu menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung. Kalium juga membantu mencegah stroke dan penyakit jantung koroner.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x