Kompas TV lifestyle kesehatan

Kaya Antioksidan, Ini 5 Minuman yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Kompas.tv - 17 Januari 2024, 06:20 WIB
kaya-antioksidan-ini-5-minuman-yang-baik-untuk-kesehatan-jantung
Ilustrasi teh hijau. (Sumber: THINKSTOCKPHOTOS)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Jantung adalah organ vital yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Untuk menjaga kesehatan jantung, diperlukan pola hidup yang sehat, termasuk mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengonsumsi minuman yang baik untuk jantung. Minuman yang kaya antioksidan dapat melindungi jantung dari radikal bebas dan penyebab jantung koroner.

Dikutip dari laman Very Weel Health, berikut minuman yang baik untuk kesehatan jantung.

Baca Juga: Puluhan Anak Down Syndrome Periksa Kesehatan Jantung

1. Teh hijau

Teh hijau mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) tingkat tinggi. EGCG sendiri adalah senyawa polifenol dalam teh hijau yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat.

Mengkonsumsi teh hijau yang kaya EGCG dianggap dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Studi yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology pada 2018 menunjukkan bahwa EGCG dapat membantu mencegah aterosklerosis, penumpukan zat lemak di dinding arteri, dan dapat membantu mengurangi peradangan dan kerusakan sel.

2. Kopi hitam tanpa tambahan apapun 

Kopi hitam tanpa tambahan apapun juga menjadi salah satu minuman yang baik untuk jantung. Sejumlah penelitian telah mengaitkan asupan kopi secara teratur dengan penurunan risiko penyakit jantung secara signifikan.


 

Pada sebuah penelitian British Medical Journal (BMJ) pada 2017 dan Jurnal Circulation pada 2014 menemukan bahwa orang yang minum tiga cangkir kopi per hari memiliki 19 persen penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung, dibandingkan dengan bukan peminum kopi.

3. Cokelat kakao tanpa tambahan apapun

Kakao adalah bentuk cokelat murni yang umumnya lebih sedikit diproses. Cokelat kakao juga lebih padat nutrisi dibandingkan kebanyakan produk cokelat atau kokoa lainnya.

Kakao kaya akan antioksidan flavonoid yang dikenal dengan manfaat kardiovaskularnya. Menurut penelitian ilmiah, menikmati produk kakao dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Teh hibiscus atau kembang sepatu

The hibiscus adalah minuman asam yang terbuat dari bunga tanaman kembang sepatu yaitu Hibiscus sabdariffa. Bunga kembang sepatu adalah sumber antioksidan polifenol yang kuat, dan ekstrak kembang sepatu telah terbukti memiliki sifat penurun tekanan darah dan kolesterol.

Baca Juga: 9 Manfaat Air Rebusan Daun Pandan untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Jantung

5. Sari jeruk

Buah jeruk seperti lemon, jeruk nipis, maupun jeruk manis biasa kaya akan banyak nutrisi bermanfaat dan senyawa tanaman, termasuk minyak esensial dan antioksidan flavonoid. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism pada 2014, menunjukkan bahwa asupan jus jeruk setiap hari dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah, yang merupakan faktor risiko penting penyakit jantung.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x