Kompas TV lifestyle tren

KompasTV Raih Penghargaan Adam Malik Awards 2024 sebagai Media TV Terbaik

Kompas.tv - 9 Januari 2024, 00:00 WIB
kompastv-raih-penghargaan-adam-malik-awards-2024-sebagai-media-tv-terbaik
KompasTV berhasil meraih penghargaan Adam Malik Awards (AMA) 2024 sebagai Media TV Terbaik. (Sumber: Kemlu.go.id)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

BANDUNG, KOMPAS.TV - KompasTV berhasil meraih penghargaan Adam Malik Awards (AMA) 2024 sebagai Media TV Terbaik.

AMA 2024 diberikan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI sebagai wujud apresiasi kepada media dan jurnalis yang telah mendukung upaya diplomasi Indonesia.

Selain itu, khusus untuk tahun 2024, AMA juga memberikan apresiasi penghargaan kepada Media Cetak Lokal yang dinilai aktif mendukung diplomasi Indonesia di wilayahnya.

Dalam AMA 2024 ini, Kemlu membagi kategori penerima penghargaan menjadi enam yaitu Media Cetak Terbaik; Media Online Terbaik; Media TV Terbaik; Media Radio Terbaik; Jurnalis Media Cetak Terbaik; Jurnalis Media Online Terbaik.

Penilaian AMA dilakukan melalui mekanisme penjurian oleh Dr Ninik Rahayu, SH, MS - Ketua Dewan Pers, Hendry Chairudin Bangun - Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia, Bapak Usman Kansong, S.Sos, M.Si., Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kemenkominfo, Acep Somantri - Staf Ahli Manajemen, Kemenlu, Dr. Nina Mutmainnah, M.Si - Dosen Tetap Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia, Dr. Dinna Prapto Raharja – Direktur Eksekutif Synergy Policies.

Ada lima aspek yang menjadi penilaian utama yaitu informatif, faktual, berimbang, edukatif, dan tata bahasa.

Baca Juga: Apresiasi Karya Jurnalistik Berkualias, Adam Malik Awards 2024 Berikan Penghargaan pada KompasTV!

KompasTV pun akhirnya sukses memenangkan penghargaan sebagai Media TV Terbaik. Penghargaan tersebut langsung diterima oleh Pemimpin Redaksi KompasTV, Rosianna Silalahi.

Rosi mengatakan, KompasTV berkomitmen untuk bisa terus mewartakan posisi Indonesia dalam politik luar negeri dan internasional

“Ini menjadi sebuah komitmen kami untuk mewartakan berita-berita soal diplomasi Indonesia dalam pergaulan dunia atau internasional,” kata Rosi.

"Sering sekali kita berpikir bahwa diplomasi Indonesia itu sesuatu yang bersifat teoritis, tetapi sesungguhnya yang menjadi diplomasi Indonesia itu sangat terkait erat dengan kehidupan masyarakat Indonesia, posisi Indonesia yang terkait erat dengan apa yang terjadi saat ini," ucapnya.

Untuk pemenang AMA 2024 lainnya, kategori Media Cetak Terbaik diraih oleh Kompas, sementara Liputan6.com meraih gelar Media Online Terbaik. Elshinta menyabet penghargaan sebagai Media Radio Terbaik. 

Jurnalis Media Cetak Terbaik jatuh kepada Aris Prasetyo dari Kompas, sedangkan Sonya Michaella dari IDN Times meraih gelar Jurnalis Media Online Terbaik. 

Terakhir ada Harian Waspada dari Medan, Sumatera Utara, mendapatkan apresiasi khusus sebagai Media Cetak Lokal yang memiliki perhatian terhadap pelaksanaan politik luar negeri Indonesia. 

Baca Juga: 9 Tahun Sapa Indonesia Pagi KompasTV Menemani Anda


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x